UKM Dan Pengaruhnya Terhadap Perekonomian Negara

Dikalangan generasi millennial, UKM atau usaha kecil menengah rasanya telah menjamur dan menjadi pilihan bagi mereka untuk menghasilkan uang dibanding harus bekerja di kantor. Hal ini karena generasi millennial mempunyai cara berpikir yang bebas, independen, serta kreatif sehingga cara kerja di kantor yang kebanyakan kaku dan monoton tidak cocok untuk mereka. Tanpa disadari, mereka yang memutuskan untuk memulai bisnis UKM, turut berkontibusi pada perekonomian negara. Banyak hal positif yang bisa diperoleh dari usaha kecil menengah ini seperti contohnya kemandirian, disiplin, integritas, mengembangkan ide – ide kreatif serta dapat menghasilakan inovasi baru. Nah, dibawah ini adalah beberapa dampak positif lainnya dari UKM terhadap perekonomian negara.

1. Penyokong Roda Ekonomi Indonesia

UKM adalah usaha yang bisa dimulai dengan modal terbatas. Pelakunya juga adalah orang asli Indonesia sehingga hal ini dapat berdampak pada bertambahnya cash flow untuk perekonomian negara tanpa terpengaruh oleh perekonomian negara lain. Maka dari itu, jika kondisi ekonomi negara luar sedang anjlol, maka UKM dapat tetap stabil dan tidak akan menimbulkan kerugian bagi pelakunya.

2. Menjadi Bangsa Yang Mandiri

Dengan memulai UKM maka masyarakat lebih mandiri sehingga pada akhirnya negara dapat lepas dari bayang – bayang ekonomi negara lain dan dapat menjadi negara yang independen dan mandiri. Itulah mengapa pemerintah sangat mendukung agar masyarkat dapat memulai sendiri bisnis UKMnya karena begitu besar dampak yang dapat dirasakan terutama bagi perekonomian negara.

3. Mengurangi Tingkat Pengangguran Dan Kemiskinan

UKM juga turut serta mengurangi jumlah pengangguran dan tingkat kemiskinan karena UKM biasanya akan membutuhkan tenaga kerja yang ingin belajar dan mencari pengalaman, bukan hanya mencari uang. Selain itu dapat pula mengurangi kesenjangan antara satu dengan yang lain sehingga dapat menekan angka kriminalitas.

 

Itulah beberapa dampak positif dari UKM yang dapat dirasakan nantinya. Pastikan untuk melakukan research yang mendalam agar dapat membangun UKM secara maksimal dan nantinya produk atau jasa yang dihasilkan juga dapat berkualitas dan dilirik oleh masyarakat.