Tips Packing Umrah Agar Lebih Praktis

Mengunjungi kota Mekkah memang telah lama menjadi salah satu impian terbesar para Muslim. Dalam rukun Islam selain menunaikan ibadah haji, mengunjungi Baitullah juga menjadi salah satu cara agar hati kita selalu dekat dengan Yang Kuasa. Tapi tidak hanya ibadah haji saja yang bisa dilakukan, ada juga ibadah umrah yang dapat dilakukan oleh umat Islam, dengan waktu yang relatif lebih singkat. Pergi haji adalah sesuatu yang wajib bagi umat yang sudah siap secara mental, fisik, dan finansial. Sedangkan umrah hanyalah merupakan ibadah sunnah. Akan tetapi, meskipun termasuk ke dalam golongan sunnah, ibadah ini pun telah menjadi sesuatu yang banyak dilakukan oleh Muslim yang berkecukupan. Selain boleh dilakukan kapan saja, biaya umrah lebih murah dan dan proses pendaftarannya juga jauh lebih mudah dibanginkan dengan ibadah haji. Nah, jika ingin menjalankan umrah maka ada beberapa tips packing umrah agar lebih praktis dan menghindari kebingungan saat mencari barang yang diperlukan.

1. Sesuaikan Dengan Musim

Nah ini yang seringkali dilupakan oleh kebanyakan orang saat packing umrah dan membuat banyak orang merasa lelah karena membawa beban yang terlalu banyak saat umrah. Sesuaikan barang bawaan dengan musim yang ada di tempat tujuan. Jika sedang musim panas maka bawalah barang yang sesuai, jangan sampai membawa jaket tebal atau pakaian tebal karena dijamin anda akan mudah kepanasan dan mengalami dehidrasi.

2. Pisahkan Barang Bawaan Dalam Beberapa Tas

Nah biasanya sebelum anda berangkat umroh, anda akan diberikan tiga jenis tas yang fungsinya juga berbeda. Yang pertama adalah tas troli yang akan digunakan untuk menyimpan barang selama kita disana, tas ini akan dimasukan di bagasi pesawat. Yang kedua adalah tas tenteng yaitu tas yang berisi perlengkapan selama kita berada di pesawat seperti pakaian ganti, obat – obatan. Yang terakhir adalah tas kecil yang harus kita bawa kemana – mana untuk menyimpan barang berharga seperti passport, dompet, handphone, dan tanda pengenal. Cara packing umrah yang satu ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran.

3. Kemas di Dalam Plastik

Cara packing umrah yang terakhir adalah memasukan barang – barang ke dalam plastik agar tahan lama dan tidak mudah kusut atau rusak.