Tips Menata Kamar untuk Meminimalisir Debu

Debu merupakan penyebab utama dari munculnya penyakit influenza atau sering disebut flu. Pada dasarnya, udara yang kita hirup memiliki debu, namun kandungan debu yang terdapat pada udara berbeda-beda tergantung dari lokasinya. Jika lokasinya bedara pada perkotaan, tentu saja debu yang terkandung di dalam udara sangat banyak. Namun Jika anda pergi ke pegunaungan, maka kadar debu yang terkandung hanya sedikit, bahkan bisa mencapai titik nol.

Pada suatu tempat atau ruangan yang jarang dibersihkan, akan terlihat debu yang menumpuk. Hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan orang disekitarnya, karena debu mengandung berbagai zat yang dapat melemahkan system imun dan menyebabkan orang tersebut sakit. Maka dari itu, meminimalisir debu sangatlah penting, apalagi debu yang berada pada kamar anda. Sebagai tempat istirahat, kamar seharusnya bersih dari debu. Selain membersihkan debu secara rutin, ada beberapa tips untuk meminimalisir menumpuknya debu pada kamar anda.

1. Jangan Jadikan Gudang

Terkadang anda menyimpan banyak barang pada kamar anda yang belum tentu akan terpakai dalam waktu dekat bahkan mungkin tidak akan anda gunakan lagi. Tempat untuk menyimpan barang tersebut biasanya berada di atas lemari dan bawah tempat tidur. Menyimpan barang pada bawah tempat tidur dan atas lemari dapat menyebabkan debu yang menumpuk. Hal tersebut terjadi karena anda tidak pernah menggunakan beda tersebut dalam keseharian anda. Menyingkirkan dan memindahkan barang tersebut ke ruang gudang merupakan solusi untuk meminimalisir debu yang menumpuk.

2. Jangan Sediakan Sudut Sempit

Sudut sempit merupakan salah satu tempat debu menumpuk. Sudut-sudut sembit biasanya dapat sitemui pada jarak lemari pada tembok, dan jarak antar perabot kamar lainnya yang sulit terjangkau saat membersihkan kamar. Maka dari itu, sangat penting untuk mengatur jarak antar perabot atau intrior kamar agar celah tersebut dapat terjangkau saat membersihkan kamar.

3. Posisi Praktis

Mengatur posisi perabotan yang ada di kamar sepraktis mungkin dapat meminimalisir debu yang menumpuk. Mengatur dengan praktis yang dimaksud adalah dengan menempatkan setiap perabot dengan posisi yang mudah untuk dibersihkan.

Itulah ketiga tips menata kamar agar meminimalisir menumpuknya debu pada kamar tidur. Denga sedikitnya debu yang terdapat di dalam kamar, hal tersebut akan meminimalisir berkembangnya penyakit pada kamar dan memberikan anda perlindungan kesehatan. Semoga setelah membaca artikel ini, anda dapat mengatur kamar tidur anda dengan baik dan mendapatkan kamar tidur yang sehat.