Tips Menabung Untuk Umrah    

Menjalankan ibadah haji dan umrah memang menjadi impian bagi kebanyakan orang, terutama di saat masih muda. Namun, ternyata tak semua orang dapat memperoleh kesempatan untuk mengunjungi dan beribadah di tanah suci pada usia muda. Berbagai persiapan harus dilakukan mulai dari persiapan mental, fisik, hingga doa. Tapi ternyata masih ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, salah satunya menabung. Menabung untuk umrah harus dilakukan dengan usaha dan niat yang sungguh – sungguh agar kelak impian kita untuk pergi umrah bisa terwujud. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisa umrah saat muda.

1. Tetapkan Besaran Dalam Menabung

Setiap bulannya setelah menerima gaji, yang harus anda lakukan adalah menentukan jumlah besaran tertentu untuk ditabung dalam rekening khusus menabung untuk umrah. Usahakan besarannya tetap agar kita bisa memprediksi berapa tahun lagi agar bisa berangkat.

2. Manfaatkan Layanan Program dari Bank Syariah

Manfaatkan layanan di bank syariah yang biasa dikenal dengan paket umrah. Dengan layanan ini, nasabah bisa membayar atau mencicil sebelum atau setelah berangkat ke tanah suci. Bisa pula digabungkan dengan uang pinjaman sehingga beban tidak terlalu besar dan cicilan lebih ringan.

3. Tabungan sekaligus Investasi

Seperti yang kita tahu, biaya untuk pergi umrah meningkat setiap tahunnya. Maka dari itu anda bisa mencoba menabung sekaligus berinvestasi seperti pada emas, saham, namun harus halal. Investasi yang halal adalah investasi yang diperjual-belikan oleh perusaaan yang bergerak dibidang usaha yang jelas dan halal.

4. Berangkat Pada Saat Low Season

Biasanya high season terjadi saat mendekati dan setelah bulan ramadhan. Untuk itu hindarilah pergi di saat – saat tersebut agar harganya lebih murah. Selain itu berangkat saat low season juga menghindarkan kita dari proses mengantri yang terlalu lama seperti pada saat high season.

5. Pilih Fasilitas Yang Murah dan Sederhana

Tips menabung untuk umrah yang terakhir adalah dengan memilih yang sederhana. Niat untuk beribadah adalah yang utama sehingga untuk masalah fasilitas, pilihlah jenis yang paling sederhana sehingga kita tidak perlu menabung terlalu banyak dan lama. Kenyamanan bisa dinikmati disana apapun bentuknya, tidak hanya dari fasilitas mewah selama umrah disana.