Tertarik Membuka Barbershop? Ini Dia Tipsnya

Banyaknya anak muda yang terjun ke dalam bidang wirausaha membuat banyak usaha – usaha kreatif baru semakin banyak bermunculan. Usaha kecil seperti kafe, restaurant, food truck, clothing, menjadi jenis usaha yang sangat digandrungi oleh anak muda masa kini. Selain itu ternyata ada satu lagi jenis usaha yang cukup populer yaitu Barbershop atau mungkin bahasa awamnya adalah tempat cukur rambut. Bisnis ini cukup populer karena mampu menghasilkan gaya rambut yang keren sesuai dengan model saat ini dan sesuai dengan keinginan konsumennya. Selain itu mencukur rambut di barbershop seolah dapat menaikkan gengsi mereka dibanding potong rambut di tempat yang biasa saja. Nah bagi kalian yang ingin membuka usaha barbershop, ada beberapa tips dibawah ini yang dapat kalian coba.

1. Lokasi

Pilihlah lokasi yang strategis seperti dekat dengan kampus, sekolah, perkantoran, dan pusat – pusat keramaian. Namun yang paling utama adalah pilih lokasi yang berada di pinggir jalan sehingga memudahkan akses bagi konsumen yang akan datang. Selain itu pastikan juga ada tempat parkir yang cukup luas serta aman. Bila perlu, sewa jasa tukang parker dan satpam agar tempat parker lebih teratur dan aman. Jika dekat dengan minimarket atau penjaja makanan dan minuman, maka itu akan menjadi lebih baik lagi.

2. Suasana Tempat

Suasana tempat usaha barbershop adalah salah satu hal utama yang wajib diperhatikan. Pastikan interiornya di desain semenarik mungkin, serta nyaman dan dapat membuat pengunjung menjadi betah. Pastikan juga suasananya selalu sejuk dan mendapatkan pencahayaan yang cukup dengan minimal dua buah lampu untuk setiap satu kursi cukur.

3. Peralatan

Untuk memaksimalkan pengalaman bercukur pelanggan, maka selain lokasi dan suasana tempat, ada satu lagi unsur penting dalam usaha barbershop yang wajib dipenuhi keberadaannya yaitu alat – alat cukur yang mempunyai kualitas tinggi. Ini diperlukan agar proses dan hasil yang akan diperoleh dapat maksimal. Pastikan kursi pangkas yang ada nyaman, peralatan cukur juga bersih dan layak untuk digunakan.

Itulah beberapa tips memulai usaha barbershop yang dapat Anda ikuti. Perlu diketahui juga bahwa usaha kecil semacam ini turut berperan penting dalam roda perekonomian Indonesia.