Strategi Menentukan Target Market Sebuah Bisnis

Saat akan memulai sebuah bisnis, manajemen yang paling utama dan pertama harus dilakukan adalah dengan mengelola ‘market’ atau pasar terlebih dahulu. Pengelolaan market ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk keberlangsungan bisnis yang lebih terarah. Jangan sampai kita membangun bisnis yang target marketnya belum jelas. Kalau kita membangun bisnis yang kita sendiri belum yakin apakah akan laku atau tidak, maka sebaiknya jangan memulainya. Percuma karena memang resikonya sungguh sangat besar. Salah satu bagian penting yang harus menjadi bagian penting adalah mengenai penentuan market segment aksi sosial.

Dalam menentukan target market, kita harus paham akan dua hal yakni demograpi pasar dan juga psikologi pasar. Keduanya menjadi bagian yang tak boleh terlupakan saat kita melakukan proses pendekatan terhadap pencarian sebuah target market yang jelas. Dalam hal ini, tentu kita harus mengetahui beberapa tahapan tertentu yang kemudian akan bisa dengan mudah dijalankan, yakni meliputi:

Penentuan Produk

Pertama-tama kita memang sebaiknya memiliki beberapa pilihan produk yang kita tentukan berdasarkan pada kaulifikasi ketertarikan kita secara emosional terhadap produk tersebut. Dalam penentuan produk ini, kita sebaiknya bisa memahami dengan baik bahwa ada beberapa produk tertentu yang bisa kita pilih sesuai dengan keinginan yang memang dijual juga di pasaran. Terkadang apa yang kita jual memang memiliki beberapa pesaing di pasaran dan kita harus bisa bijak akan hal tersebut.

Kenali Demograpi Market

Jika kita sudah memiliki jenis produk tertentu yang ingin kita pasarkan, lalu kita coba lakukan analisa dari segi demografi. Analisa dari segi demografi ini akan sangat mudah untuk kita mendapatkan jawaban atas pertanyaan seperti siapa yang akan membeli produk yang kita jual itu? Berapa umurnya? Dimana dia tinggal? Bahkan sampai pada apa gender dan pekerjaanya? Semua itu memang dibahas dan dianalisa dari segi demografi secara khusus. Pastikan anda menyesuaikan beberapa pilihan produk yang akan kita jual dengan kondisi demografinya bahkan sampai bisa tahu seberapa besar potensi pasar yang akan membeli produk yang akan kita jual tersebut.

Perhatikan Juga Psikologi Market

Selain memperhatikan demografi, penting juga kiranya untuk anda memperhatikan masalah psikologi market. Pasar memiliki unsur psikologis yang memang akan sangat berpengaruh pada penjualan produk. Hal yang berhubungan dengan psikologi biasanya akan berkaitan erat dengan tingkah laku pasar itu sendiri. Terkadang ada beberapa tingkah laku pasa terhadap produk termasuk hanya membeli jika di musimnya saja, atau beberapa hal yang lainnya juga. Dalam hal ini, anda memang harus berbaur dengan pasar sehingga bisa paham akan kondisi psikologi pasar yang sebenarnya.

Ketiga hal diatas bisa dijadikan acuan yang sangat penting saat akan market segment atau target market dari produk yang akan kita jual. Sebelumnya akan lebih baik jika kita memiliki beberapa opsi pilihan produk dan kemudian pilih yang paling potensial saja.