Strategi Mendapatkan Modal Bisnis bagi Pemula

Bagi yang akan memulai bisnis, salah satu masalah yang seringkali dialami adalah mengenai masalah modal. Ya, dalam bisnis apapun memang modal menjadi salah satu hal yang harus selalu ada bahkan penting untuk dipersiapkan dengan baik. Hanya saja terkadang ini menjadi kendala paling besar dan utama karena memang untuk bisa menemukan dan mendapatkan modal itu bukanlah yang yang mudah. Modal usaha biasanya cukup besar bergantung pada jenis usaha yang akan dibuka. Namun demikian, kita masih melakukan manajemen modal dengan baik agar bisnis tetap bisa berdiri dan maju meski hanya dengan modal kecil yang seadanya aksi sosial.

Ide bisnis memang bisa dengan mudah untuk dibuat, namun pada saat akan diaplikasikan kemudian mengalami beberapa masalah tertentu. Ada beberapa masalah tertentu yang seringkali menjadi masalah dalam pencarian modal ini yaknik ketidakpunyaan modal dengan jumlah yang cukup serta ketidaktahuan bagaimana caranya untuk mendapatkan modal dari luar. Maka dari itu sebaiknya kita mengetahui dan memahami dengan baik tentang beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk bisa mendapatkan modal tersebut.

Gunakan Modal Seadanya

Sebelum anda memutuskan untuk mencari modal dari pihak lain, sebaiknya akan lebih baik jika anda menggunakan modal seadanya secara maksimal. Jangan gunakan uang hasil minjam jika anda memiliki uang sendiri yang bisa digunakan. Kebanyakan pebisnis selama ini terlalu mengedepankan uang pinjaman padahal sebetulnya dia sendiri mampu memberikan modal pada bisnis yang akan dia jalankan. Hal ini juga sebagai salah satu antisipasi untuk mengatasi beberapa kemungkinan buruk seperti kegagalan dan lainnya.

Coba Cari Dana dari Pemerintah

Kalau ada dana bantuan dari pemerintah dan cocok dengan bidang bisnis yang akan anda dirikan, itu akan lebih baik untuk dilakukan. Meminjam uang dari pemerintah apalagi jika itu adalah bantuan gratis, sebetulnya akan lebih baik dibanding ketika anda meminjam dari lembaga keuangan untuk kemudian digunakan sebagai modal usaha tertentu. Karena emang ada dana tertentu yang harus anda gunakan, maka ini akan mempermudah anda dalam mendapatkan modal. Namun biasanya jika dana dari pemerintah ada banyak tahapan terentu yang harus dilewati.

Cari Parter Bisnis

Solusi lain yang bisa dicoba adalah dengan mencari partner anda. Dengan mencari partner, ini akan menjadi salah satu upaya yang cocok untuk menambah kekurangan modal anda. Namun biasanya jika berbisnis dengan menggunakan cara ini, maka pembagian keuntungan biasanya dilakukan dengan cara bagi hasil. Bagi hasil itu adalah profit and lost sharing, jadi pembagian akan didasarkan pada keuntungan dan juga kerugian. Kalau untuk ditanggung bersama-sama, begitupun jika kalah, itu akan ditanggung bersama juga.

Beberapa strategi diatas bisa anda coba lakukan sebelum kemudian anda memutuskan untuk meminjam dana dari lembaga keuangan seperti bank dan lainnya. Kalaupun harus meminjam ke bank atau lainnya, pastikan hanya kekurangannya saja dan pelajari dulu perjanjiannya.