Soft Drink dan Bahayanya Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak tergoda untuk minum minuman dingin dan ringan apalagi saat cuaca panas dan dahaga datang menghampiri. Seringkali orang tua datang ke warung atau minimarket bersama anaknya dan membeli minuman bersoda dan manis tanpa memperhatikan bahaya kesehatan yang ada dalam minuman tersebut. Padahal untuk orang dewasa saja minuman tersebut berbahaya jika dikonsumsi secara terus menerus apalagi untuk anak – anak. Berbagai sumber penyakit kronis terkandung dalam minuman tersebut dan dapat mengancam masa depan mereka. Ini dia bahaya minuman ringan bagi kesehatan manusia.

1. Menyebabkan Diabetes

Kandungan gula yang terdapat dalam soft drink biasanya sangat tinggi. Ini bertujuan agar rasa dari minuman tersebut semakin nikmat saat dikonsumsi dan membuat orang seperti kecanduan. Padahal gula hanya boleh di konsumsi oleh anak – anak dengan jumlah sekitar 80 – 100 kalori perharinya, sedangkan orang dewasa membutuhkan sekitar 2000 kalori perharinya. Jika dikonsumsi berlebihan maka tidak mustahil jika diabetes dapat diderita. Itulah bahaya minuman ringan pertama yang seringkali tidak disadari oleh banyak orang.

2. Obesitas

Sekitar 40% warga Malaysia mengalami obesitas karena pola hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi junk food dan soft drink secara terus – menerus. Obesitas adalah kondisi dimana terjadi penumpukan lemak secara berlebihan di dalam tubuh sehingga berat badan menjadi berlebihan dan di luar batas ideal. Obesitas dapat menjadi berbahaya saat menimbulkan komplikasi serius seperti jantung coroner, stroke, kanker usus, dan diabetes tipe 2. Seringkali bahaya minuman ringan tidak diperhatikan karena terlanjur menikmati rasa dan kenikmatan yang disajikan.

3. Kerusakan Gigi

Adalah impian kita untuk memiliki gigi yang bersih dan indah karena akan menarik bagi orang lain dan sebagai tanda bahwa mulut kita sehat. Minuman ini dapat menyebabkan gigi berlubang, hitam, dan gusi yang tidak sehat. Akan semakin berbahaya jika kuman berkembang di dalam gigi yang berlubang karena dapat menimbulkan abses dan menyerang sistem saraf.

Itulah beberapa bahaya minuman ringan yang dapat mengancam kesehatan tubuh. Daftarkan juga diri Anda dalam Asuransi Indonesia dan awali dengan mengenali berbagai jenis serta manfaatnya.