Rumah Sehat, Ciri Keluarga Sehat

“Sehat itu murah, sakit itu mahal” begitulah kira – kira kalimat bijak yang sering kita dengar tatkala membaca atau melihat hal seputar kesehatan. Kalimat tersebut juga berlaku dalam menciptakan rumah yang sehat dan layak untuk dihuni. Tak selamanya rumah mewah dan besar itu selalu sehat, begitu pula sebaliknya rumah yang sederhana belum tentu tidak sehat dan tidak layak huni. Untuk menciptakan rumah dalam kategori sehat, maka ada beberapa hal yang dapat kita lakukan saat membangun atau memilih rumah untuk ditempati. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat rumah yang sehat, nyaman, dan layak dihuni bagi Anda dan keluarga.

1. Pencahayaan

Pencahayaan merupakan unsur penting terciptanya kondisi tempat tinggal yang sehat. Cahaya yang cukup dibutuhkan agar rumah tidak lembab sehingga penyakit tidak mudah tumbuh dan berkembang. Selain itu pencahayaan yang baik juga dapat menghemat listrik yang dikeluarkan sehari – hari. Karena dengan pencahayaan yang baik maka kita tidak perlu menyalakan lampu atau setidaknya mengurangi penerangan yang digunakan berlebihan dan tidak pada waktunya.

2. Ventilasi

Sirkulasi udara yang baik dibutuhkan agar asupan oksigen di dalam rumah tetap terjaga dan membuang karbondioksida keluar. Sebisa mungkin jangan gunakan kipas angin secara berlebihan karena dapat menimbulkan penyakit paru – paru. Buatlah juga taman atau lahan hijau di sekitar rumah agar udara bersih senantiasa menyelimuti rumah Anda sehingga dapat menjadi rumah yang sehat.

3. Atap dan Langit – langit

Atap yang cocok bagi Negara tropis seperti Indonesia adalah atap dengan bahan tanah liat, karena dapat menyerap panas  namun tidak menyebabkan hawa panas di dalam rumah, serta dapat mengeluarkan hawa panas yang disimpan saat suhu udara menjadi rendah. Langit – langit juga baiknya dibuat tinggi karena akan menciptakan sirkulasi udara yang baik dan efek psikologis yang baik.

4. Saluran Pembuangan

Septic tank diperlukan agar limbah rumah tangga dapat menuju tempat yang tepat dan tidak terbuang ke sembarang tempat hingga menyebabkan polusi. Untuk itu buatlah tempat pembuangan yang kedap udara sehingga tidak menimbulkan bau namun tetap dapat menguraikan sisa limbah.

Itulah beberapa tips rumah yang sehat  yang dapat Anda coba demi terciptanya kesehatan dan kebahagian di dalam rumah Anda. Selain itu agar semakin terjaga, daftarkan rumah Anda dalam program asuransi agar aman dan terjamin. Cobalah buka artikel ini untuk informasi seputar asuransi Indonesia