Persiapan Fisik Sebelum Berangkat Umrah 

Umroh adalah kegiatan ibadah yang dilakukan oleh para umat Muslim di Tanah Suci Mekah dan Madinah selain ibadah naik haji. Umroh setiap tahunnya semakin banyak diminati, ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya antrean keberangkatan saat ini yang bahkan mencapai belasan bahkan puluhan juta per tahun. Selain itu, umrah juga membutuhkan persiapan dana yang lebih sedikit dibanginkan ibadah Haji. Lama perjalanan untuk ibadah umrah juga tidak selama perjalanan ibadah haji. Rata-rata perjalanan umroh berkisar selama 9 hari. Meskipun umrah cukup singkat, namun diperlukan persiapan yang matang dan beberapa tips agar perjalanan umrah daapt berjalan dengan lancar.

1. Olahraga Kaki

Persiapan fisik satu ini penting dilakukan karena selama berada di tempat umrah nanti anda akan banyak bergerak dan berjalan. Umumnya juga, tempat peristirahatan dengan masjid di Mekah jaraknya cukup jauh, dan apabila musim – musim ramai, maka akan terjadi kemacetan sehingga anda harus berjalan. Persiapan fisik ini juga dapat membuat tubuh tetap sehat dan bugar selama beribadah.

2. Vaksinasi

Mekah sebagai tempat berkumpulnya umat Muslim dari segala penjuru dunia, ternyata juga tidak selamanya aman. Jutaan orang dari berbagai negara di dunia datang dan berkumpul tanpa sadar penyakit apa yang ada dalam tubuh mereka. Virus sangat rawan ditularkan pada pusat – pusat keramaian seperti ini sehingga sebelum pergi pastikan Anda mendapat vaksin Meningitis dan Influenza dan ikuti program karantina beberapa hari sebelum berangkat.

3. Persiapkan Obat – obatan

Jangan lupa untuk mempersiapkan obat – obatan ringan untuk penyakit seperti flu, batuk, demam, atau mual. Bawa juga perban dan cairan antiseptic serta minyak kayu putih. Satukan obat – obat tadi di dalam satu tas atau kotak P3K yang mudah dibawa dan praktis.

4. Tidur Cukup

Persiapan fisik yang terakhir adalah dengan memberikan tubuh waktu beristirahat yang cukup. Kurangi begadang, dan melakukan aktivitas sampai malam hari. Banyaklah minum air putih dan sayur seta buah – buahan agar tetap sehat.