Perlunya Azas Kebermanfaatan dalam Pengelolaan Bisnis

Dalam mengelola dan menjalankan sebuah bisnis sebaiknya kita jangan hanya menargetkan keuntuang finansial semata saja namun juga harus memiliki dan mengedepankan azas kebermanfaatan. Azas tersebut sangat penting sekali dalam dunia bisnis masa kini karena banyak orang telah menyadari bahwa bisnis bukan hanya masalah keuntungan dalam bentuk uang saja namun juga keuntungan dari pandangan sosial terhadap bisnis yang kita jalankan aksi sosial. Artinya bisnis yang akan kita bangun atau yang sudah dijalankan sebaiknya tidak hanya bisa memberikan kita keuntungan namun juga memberikan masyarakat sosial beragam keuntungan. Semuanya dengan tujuan untuk menciptakan kesejateraan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Kenapa Harus Bermanfaat?

Pertanyaan pertama yang kemudian muncul dari gagasan akan pentingnya azas kebermanfaat dalam bisnis diatas, adalah mengenai alasan kenapa kita harus bermanfaat. Untuk menjawab pertanyaan tersebut memang bisa kita jawab dari berbagai sudut pandang tertentu, namun lebih baik ditekankan pada proses jawaban dari segi sosial saja. Dari segi sosial, kebermanfaatan ini memang bisa memegang peranan penting yang kemudian akan menjadi daya tarik dan juga bisa memiliki harga dalam kehidupan sosial. Sebagai manusia yang percaya akan asas bahwa manusia itu adalah mahluk sosial, maka prinsif bermanfaat ini menjadi salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan dengan baik.

Tanggung Jawab Perusahaan Kepada Masyarakat

Disamping itu perusahaan juga sebetulnya memiliki tanggung jawab terhadap keberlangsungan masyarakat. Masyarakat adalah dimana proses bisnis dari perusahaan yang kita jalankan berada bahkan dimana banyak warga sekitar yang bekerja di perusahaan kita. Dalam hal ini, sebaiknya memang kita bisa memahami dengan baik akan beberapa tanggung jawab yang harus dipenuhi. Bahkan tanggung jawab tersebut diperkuat dengan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah melalui regulasi hukum tertentu. Ada beberapa regulasi hukum yang sebaiknya memang bisa coba kita pahami dengan seksama sehingga kita mampu mengaplikasikan dan mewujudkan tanggung jawab itu seperti melalui CSR dan lainnya.

Baik untuk Keberlangsungan Bisnis

Jika anda memang menghendaki bisnis yang anda jalankan itu berlangsung atau bertahan dalam waktu yang lama, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memfokuskan pada kebutuhan sosial. Masyarakat sosial adalah yang memang berhubungan langsung dengan keberlangsungan bisnis kita. Disana biasanya tersedia bahan baku, tenaga kerja, bahkan pangsa pasar itu sendiri. Jika kita ingin sukses dan ingin terus mempertahankan bisnis kita, maka salah satu cara paling tepat dan pasa adalah dengan menjaga hubungan baik dengan masyarakat sosial yang ada di lingkungan bisnis kita.

Kita akan paham banyak hal dari mulai demografi sampai psikologi market, sehingga bisa kita susun strategi untuk memasarkan produk kita sekaligus menetapkan strategi bersaing dengan para pesain lain dalam bisnis yang sama.