Pariwisata Dan Manfaatnya Bagi Ekonomi Negara

Sebagai negara kepulauan yang besar dan berada di cincin api dunia, Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata mulai dari pantai, gunung berapi, danau, hingga tujuan wisata modern hasil karya manusia. Sektor wisata ini membawa manfaat ekonomi yang sangat besar dan baik bagi negara karena banyaknya wisatawan yang datang dari mancanegara. Selain itu pariwisata juga turut membawa dampak yang cukup masif terutama bagi penduduk lokal yang berada di daerah wisata. Nah dibawah ini adalah beberapa manfaat lain pariwisata yang dapat meningkatkan perkembangan ekonomi negara.

1. Terciptanya Bentuk Usaha Baru

Dengan adanya aktifitas pariwisata, maka dengan sendirinya akan muncul demand terhadap kebutuhan – kebutuhan seperti rumah makan, kamar mandi umum, bar, kafe, dan lainnya. Hal ini tentunya akan membuat masyarakat setempat menjadi mengenal cara untuk berbisnis dan pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan mereka. Ini juga akan menimbulkan rasa disiplin dan teknik untuk berbisnis bagi masyarakat sehingga mereka mendapatkan skill yang sebelumnya tidak mereka miliki.

2. Terciptanya Lapangan Pekerjaan

Dengan berdirinya tempat – tempat usaha yang ada, maka dapat menciptakan lapangan kerja seperti untuk pegawai hotel, tukang masak, pelayan, tour guide, dan pedagang kerajinan. Dengan terciptanya lapangan pekerjaan, maka akan mengurangi tingkat pengangguran serta meningkatkan perekonomian mereka. Selain itu dengan adanya lapangan pekerjaan maka akan mengurangi tingkat kemiskinan serta mengurangi kesenjangan antar masyarakat dan akan meningkatkan pendapatan ekonomi negara.

3. Terciptanya Infrastruktur Yang Lebih Baik

Agar wisatawan semakin nyaman dan merasa aman saat akan datang ke tempat wisata, maka pemerintah daerah mau tak mau harus membangun infrastruktur yang baik seperti jalan, listrik, rumah sakit, dan kantor polisi. Dengan adanya fasilitas utama tersebut maka akan menimbulkan nilai plus bagi tempat wisata itu sendiri.

4. Peningkatan Ekonomi Negara

Ekonomi negara juga dapat meningkat seiring berkembangnya bisnis pariwisata yang ada. Devisa negara akan bertambah salah satunya melalui pertukaran nilai mata uang asing.

Itulah beberapa manfaat pariwisata bagi perekonomian negara, kita sebagai masyarakat juga dapat turut membantu peningkatan ekonomi dengan berkontribusi melalui apa yang kita lakukan.