Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Pinjam Duit Online

uang-elektronik
Uang Elektronik

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita menemukan situasi dimana kita harus melakukan pengeluaran dengan nilai yang cukup besar. Sedangkan situasi keuangan sedang tidak mendukung. Oleh karena itu pinjam duit online bisa jadi salah satu solusinya.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melarang penyelenggara pinjaman online resmi mengakses daftar kontak, berkas gambar dan informasi pribadi dari ponsel pengguna. Mereka juga wajib memenuhi seluruh ketentuan POJK 77/2016 dan POJK 18/2018 mengenai Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan.

Regulator juga menghimbau untuk memastikan setiap pelanggan meminjam di perusahaan yang terdaftar atau berizin di OJK. OJK pun membagikan tips bagi kalian yang ingin meminjam uang secara online. Berikut 6 saran pinjam duit online yang bisa kamu ikuti.  

1. Pastikan Meminjam di Perusahaan yang Terdaftar di OJK

Kamu dapat melakukan cek legalitas perusahaan pemberi pinjaman melalui telepon Kontak OJK 157 atau di website OJK (www.ojk.go.id).

2. Pinjam Sesuai dengan Kebutuhan produktif dan Maksimal 30% dari Penghasilan

Pinjam untuk kebutuhan produktif, bukan konsumtif, dan tidak melebihi 30% dari penghasilan agar tidak memberatkan. Pertimbangkan tanggungan atau cicilan lain yang juga harus dibayar.

3. Lunasi Cicilan Tepat Waktu

Bayar cicilan tepat waktu untuk menghindari denda yang membengkak. Agar tidak lupa membayar, pasang alarm kalender di ponsel atau beri tanda pada kalender di rumah atau kantor.

4. Jangan Lakukan Gali Lubang Tutup Lubang

Jangan membayar uang pinjaman dengan pinjaman yang lainnya untuk menghindari terlilit hutang. Jadikan membayar cicilan sebagai prioritas utama setelah menerima gaji.

5. Ketahui Bunga dan Denda Pinjaman

Sebelum pinjam duit online, pelajari dan survei terlebih dahulu bunga dan denda yang ditawarkan. Pilihlah pinjaman online yang menawarkan nilai bunga dan nilai denda paling rendah untuk meringankan cicilan.

6. Pahami Kontrak Perjanjian

Baca dengan teliti kontrak perjanjian yang ditawarkan, dan ajukan pertanyaan apabila belum jelas.

Maraknya perusahaan financial technology alias fintech yang menyediakan layanan pinjam meminjam uang yang memberikan bunga pinjaman tinggi juga menjadi perhatian besar bagi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Fintech OJK Hendrikus Passagi mengatakan, saat ini terdapat ciri utama yang harus diketahui masyarakat agar tidak menjadi korban fintech ilegal. Utamanya yaitu mereka memberikan bunga pinjaman sangat tinggi hingga proses penagihan yang tidak wajar.

3 Pekerjaan Part Time ini Cocok Banget Buat Milenial

uang-elektronik
Uang Elektronik

Pekerjaan part time menjadi salah satu cara yang banyak dilakoni untuk mendapatkan uang tambahan. Selain gak harus ke kantor setiap hari dari pagi sampai sore, uang yang didapatkan dari kerja sampingan juga lumayan.

Apalagi tak bisa dipungkiri kalau para generasi milenial doyan membeli barang yang lagi up to date hingga nongkrong di cafe kekinian. Makanya gak heran kalau banyak dari mereka yang uangnya udah habis sebelum gajian.

Karena itu, kali ini kami ingin memberikan beberapa rekomendasi pekerjaan part time yang cocok buat para milenial untuk menambah uang bulanan.

Apa saja? Berikut ini adalah lima diantaranya :

1. Editor

Tidak hanya freelance sebagai penulis, tapi banyak sekali website yang juga mencari freelancer sebagai editor. Cara agar bisa mendapatkan pekerjaan yang satu ini pun cukup mudah.

Kamu hanya perlu mengunjungi situs yang banyak memberikan informasi untuk para pencari kerja freelance. Nah, sebaiknya kamu memilih untuk mengedit tulisan yang temanya memang kamu sukai agar hasilnya lebih maksimal. Kamu hanya perlu mengecek kesalahan ejaan dan penulisan kata serta membuat tulisan menjadi lebih menarik.

Kamu bisa mengantongi uang puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah untuk satu artikel yang sudah edit. Misalnya saja Rp 50 artikel per artikel. Kalau dalam satu bulan kamu bisa mengedit 20 artikel, lumayan kan dapat uang tambahan Rp 1 juta.

2. Content writer

Masih dalam dunia tulis menulis, kamu juga bisa mendapatkan uang tambahan sebagai penulis lepas alias freelance writer.

Apalagi, saat ini udah banyak sekali situs yang mau membayar hasil tulisanmu seperti UC News, Getcraft, Babe dan lain sebagainya.

Bayaran yang bisa kamu dapatkan pun lumayan banget lho. Apalagi kalau namamu sudah terkenal, tulisanmu bisa dihargai jutaan rupiah per artikelnya. Asik banget kan?

3. Desainer grafis

Pekerjaan part time lainnya yang dapat kamu lakukan adalah menjadi desainer grafis. Pekerjaan ini emang cocok banget untuk kamu yang memang berkecimpung di industri kreatif.

Agar semakin banyak yang tahu dan tawaran kerja sampingan mengalir deras, kamu bisa memajang karyamu di akun sosial media seperti Instagram.

Jika karyamu bagus dan menarik, dijamin deh pasti banyak yang meminta bantuan kamu. Apalagi, pekerjaan sebagai desainer grafis bisa dilakukan di rumah dengan hanya bermodalkan laptop dan kreativitas tentunya.

3 Cara Mudah Mengelola Keuangan dari Kerja Sampingan

uang-elektronik
Uang Elektronik

Masih banyak orang yang belum bisa mengelola keuangan dengan baik. Alhasil, gaji dari jerih payahnya selama sebulan bekerja jadi sia-sia lenyap entah kemana. 

Memang susah untuk mengatur keuangan. Megang uang dikit langsung pengin buru-buru ngabisinnya. Budaya konsumtif seperti ini harus segera direm biar kondisi keuanganmu gak jadi korbannya. 

Mengelola keuangan, khususnya uang hasil pekerjaan sampingan bukan hal yang sulit kok. Berikut ini tiga langkah mudahnya

1. Buka rekening baru

Cara pertama mengelola keuangan dari pekerjaan sampingan adalah dengan membuka rekening baru. Rekening tersebut kemudian hanya dikhususkan untuk menyimpan pendapatan-pendapatan dari proyek sampingan.

Gaji pekerjaan utama dan sampingan jangan disatukan begitu saja. Kalau digabung berpotensi habis dalam waktu cepat. Tapi kalau dipisah, kamu bisa mengaturnya dengan lebih terencana. Misalnya, kamu udah memiliki komitmen buat gak memakai uang dari pendapatan kerja sampingan. Jadi, tinggal aja ATM-nya di rumah, jangan dibawa ke mana-mana. 

Dengan cara seperti ini kamu juga bisa mengatur berapa pendapatan yang diterima dan pengeluaran yang sudah digunakan.

2. Berkegiatan produktif di waktu luang

Salah satu kegiatan yang bisa mempersulit dalam mengelola keuangan adalah nongkrong di kafe setiap akhir pekan. Kalau keseringan, bisa-bisa gaji bulanan dan gaji kerja sampinganmu menipis. Untuk menekannya, coba manfaatkan hari liburmu dengan kegiatan-kegiatan yang lebih produktif lagi, misalnya mengerjakan proyek sampingan. 

Dengan cara menyibukkan diri, keuanganmu bakal terselamatkan. Kamu gak perlu khawatir lagi kalau akhir bulan tiba-tiba duit udah habis semua. 

3. Jangan boros! 

Tips terjitu mengelola keuangan agar gaji sampinganmu tidak cepat habis adalah jangan boros! Formula simpelnya adalah tidak mengeluarkan uang lebih banyak daripada pendapatan yang kamu terima. 

Orang cerdas akan memanfaatkan gaji kerja sampingan untuk hal-hal yang bermanfaat, misal ditabung demi masa depan atau untuk keperluan lain yang mendadak. Namanya kerja, memang tujuannya untuk mempersiapkan dana di masa yang akan datang, entah itu jangka pendek maupun persiapan kebutuhan jangka panjang. Percuma dong kalau dihabiskan dalam waktu sekejap, sama saja buang-buang tenaga ngambil pekerjaan sampingan. 

Atau bisa juga memanfaatkan gaji tambahan itu untuk membayar utang-utang yang masih menumpuk. Lumayan kan, kamu gak perlu mengorbankan gaji dari pekerjaan pokok untuk mencicil pembayaran utang. 

Ketahui 3 Hal Ini Sebelum Kredit Motor

uang-elektronik
Uang Elektronik

Berkat adanya fasilitas kredit motor, memiliki sepeda motor menjadi lebih mudah. Kamu gak perlu menunggu lagi sampai uang terkumpul baru kemudian membeli sepeda motor yang diinginkan.

Walaupun memiliki motor sekarang makin mudah karena DP 0 persen, pembeliannya tetap perlu mempertimbangkan sejumlah hal. Kalau gak ditimbang-timbang, bisa-bisa kamu menyesal setelah melakukan pembelian nanti.

Apa saja pertimbangan-pertimbangan sebelum ambil kredit motor dengan DP 0 persen? Simak aja yuk ulasannya berikut :

1. Bayar cicilan tiap bulannya jadi lebih besar

Konsekuensi yang langsung terasa begitu ambil kredit motor tanpa DP adalah nilai cicilan yang lebih besar ketimbang ambil kredit dengan DP. Sebab bayar motor tanpa DP sama aja menyetujui peminjaman seharga motor beserta bunganya.

Coba aja deh minta rincian hitung-hitungannya ke lembaga pembiayaan. Pasti bakal jauh perbedaannya antara bayar cicilan dengan DP dan tanpa DP.

Jadi, kalau kamu tidak buru-buru amat dalam membeli sepeda motor, sebaiknya pilih kredit dengan DP. Kalau belum punya DP-nya, ya nabung dulu sampai terkumpul sejumlah dana untuk DP terkecilnya.

Makin besar DP yang kamu berikan, makin kecil cicilan yang kamu bayarkan. Dengan begitu, kamu gak begitu terbebani dengan cicilan yang besar.

2. Nilai cicilan bisa murah, tapi jangka waktu pelunasannya jadi lebih lama

Salah satu cara menyiasati cicilan besar selain menaikkan DP adalah ambil jangka waktu pelunasan atau tenor yang panjang. Makin panjang tenornya, makin kecil cicilannya.

Emang sih cicilan tiap bulannya jadi kecil, tapi kalau ditotal-total, keseluruhan cicilan dibayarkan jadi sangat besar lho. Bahkan, total bunganya aja bisa setengah dari pokok kreditnya. Kebayang bukan betapa besarnya cicilan kamu bayarkan?

3. Bisa menimbulkan potensi gagal bayar alias kredit macet

Karena promo ini, gak sedikit orang yang tanpa pikir panjang langsung beli sepeda secara kredit. Ya, dipikir-pikir daripada menunggu, lebih baik langsung aja kredit motor sebelum kehabisan tipenya.

Kenyataannya nih, masih banyak orang yang terjerat utang dari kredit motor. Padahal, kredit yang mereka ambil jelas-jelas punya uang muka alias DP.

4 Peluang Usaha Menguntungkan Ini Pas Dijalankan Buat yang Mau Mudik

kirim-uang
Kirim Uang

Mudik saat lebaran memang butuh biaya. Tapi jangan salah lho, sembari mudik kamu juga bisa mendapat penghasilan lainSo, setidaknya 30 atau 50 persen biaya mudikmu bisa balik lagi ke kantong.

Hanya saja kita mungkin malas untuk melakukannya. Lantaran, kalau lagi mudik bawaannya ya pengin ketemu sanak saudara saja dan liburan.

Buat kamu yang memang bakal mudik, dan pengin mendapat penghasilan tambahan, mungkin beberapa peluang usaha di bawah sini bisa dicoba.

1. Jasa titip

Kemanapun destinasi mudik lebaran kamu, maka selalu ada peluang usaha untuk beli oleh-oleh kan. Nah, kenapa gak buka jastip saja selama di kampung?

Yang mudik ke Purwokerto bisa buka jastip getuk goreng, yang ke Jogja bisa jastip gudeg, yang ke Medan bisa jastip Bolu Meranti, dan lain-lain.

Jadi, ketika balik ke Jakarta nanti, setidaknya gak tekor-tekor amat bukan?

2. Jual perlengkapan salat

Buat yang mau peluang usaha di kampung halaman, maka perlengkapan ibadah seperti sajadah, sarung, mukena, dan sebagainya tentu bisa kamu jual di sana.

Beli di Pasar Tanah Abang secara kiloan tentunya murah dong. Sesampainya di sana kamu bisa tetapkan harga jual yang sesuai. Tapi agar lebih efektif, kamu harus sampai di lokasi duluan bahkan kalau bisa sebelum orang-orang lain pada mudik.

3. Jual baju Muslim

Selain perlengkapan shalat, baju Muslim tentunya jadi barang yang juga dicari jelang lebaran. Baju koko, abaya, dan lainnya tentu bisa laris jika kamu jual di kampung halamanmu saat mudik lebaran.

Belinya juga sama, kalau mau murah ya silahkan berburu dulu di Pasar Tanah Abang sekarang juga. Karena ketika kamu beli di online shop, tentu saja pengiriman bakal tertunda. Jelang lebaran, ekspedisi juga ramai terima pesanan. Peluang usaha ini patut kamu coba.

4. Beli kerupuk saat mudik lebaran dan jual di Jakarta

Hampir gak ada yang bisa menolak nikmatnya kerupuk-kerupuk lokal daerah yang rasanya selalu beda dari yang lain. Gurih juga pastinya ya.

Penggemar kerupuk bisa dibilang cukup banyak. Karena makanan yang satu ini memang diminati banyak orang, walau bikin batuk.

Setiap daerah di Indonesia tentu punya kerupuk dengan cita rasa beragam. Gak ada salahnya memborong salah satu krupuk terfavorit di rumah orang tua dan menjualnya di Jakarta, gak usah jastip-jastipan, dijamin laku deh. Hal ini tentunya bisa kamu jadikan peluang usaha.

3 Pekerjaan Freelance dengan Upah Tertinggi

kirim-uang
Kirim Uang

Menemukan pekerjaan freelance yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari kita emang bukan perkara yang mudah. Apalagi melihat status kita yang gak dianggap sebagai pegawai tetap. Namun ternyata ada beberapa profesi yang menawarkan upah sampai jutaan rupiah per jam lho.

Habis lulus kuliah kamu mungkin pernah merasakan betapa sulitnya mencari pekerjaan yang bisa bikin hati sama dompet senang. Atau bahkan sempat terbesit untuk segera berhenti bekerja untuk mendapatkan kantor yang baru.

Perlu waktu emang untuk mendapatkan semua keinginan tersebut. Sembari menunggu salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menjadi seorang pekerja lepas.

Selain memiliki waktu yang lebih leluasa kamu juga gak terikat sama kontrak apapun yang mewajibkan bekerja dalam periode tertentu. Sayangnya di Indonesia sendiri sebagian masyarakat masih memandang jalan ini bukan menjadi pilihan karena upah kecil.

Pekerjaan freelance berikut ini ternyata punya upah yang tidak sedikit lho. Penasaran apa aja, yuk kita simak daftarnya di bawah ini.

3. Pengisi suara

Urutan ketiga pekerjaan freelance gaji besar adalah pengisi suara. Mungkin sebagian dari kamu gak mengira posisi ini menawarkan upah yang boleh juga.

Seorang pengisi suara gak membutuhkan gelar khusus sebagai syarat. Asal mempunyai warna suara yang sesuai sama kebutuhan maka kamu bisa mengisi kursi tersebut.

2. Web developer

Duduk di urutan kedua ada web developer.  Keahlian yang khusus di bidang komputer menjadikannya dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan komersial hari ini.

Anak-anak dari jurusan Sistem Informasi tentu yang menjadi target utama para HRD korporasi. Untuk bayarannya sendiri tergolong besar mencapai US$ 60 atau Rp 847 ribuan per jam.

Jika kamu lolos upah yang di berikan per jamnya sekitar US$ 52 atau setara Rp 734 ribuan.

1. Legal Service Expert 

Pekerjaan freelance dengan upah paling besar disabet sama Legal Service Expert. Buat kamu yang punya keahlian di bidang hukum serta perizinan bisa banget nih mencoba posisi ini.

Bayarannya terbilang lumayan jauh jika dibandingkan dengan 6 daftar sebelumnya yakni sampai dengan US$ 120 atau Rp 1,6 jutaan per jam.

4 Kerja Sampingan Untuk Driver Ojek Online

kirim-uang
Kirim Uang

Seiring dengan bertambahnya biaya hidup, kerja sampingan jadi opsi yang paling tepat untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan. Hal ini berlaku bagi mereka yang gaji bulanannya pas-pasan, gak menentu, bahkan kurang mencukupi.  

Kalau kasusnya seperti itu, gak ada salahnya para driver ojol menggeluti pekerjaan sampingan yang praktis dan bisa dijalankan seiringan dengan tanggung jawab mereka sebagai ojol. Memang ada kerja sampingan yang bisa dilakukan sambil ngojek? Berikut ini ulasannya. 

1. Dagang makanan ringan

Driver ojek saat ini rata-rata sudah mangkal layaknya ojek pangkalan. Biasanya, pangkalan digunakan buat tempat beristirahat, atau sekadar menunggu orderan. Gak ada salahnya nih, buat para diver memanfaatkan pangkalan sebagai lapak jualan makanan dan minuman ringan. 

Gunakan sistem berdagang seperti kantin kejujuran yang artinya kamu tinggal menyediakan tempat buat menaruh dagangan dan kotak kosong menaruh uang pembelian. 

2. Kerja sampingan sebagai tukang pijat

Kalau kamu memiliki keahlian memijat, tawarkan saja jasa pijat ke rekan-rekan sesama driver. Setelah berkeliling mengantarkan orderan, pasti deh mereka merasa sedikit pegal-pegal, di situlah kesempatanmu buat meraup pundi-pundi tambahan. Patok harga yang bersahabat buat rekan-rekan sesama driver, misalnya Rp 5 ribu buat 5 menit. 

Risiko dari kerja sampingan ini adalah tenaga kamu bakal terkuras banyak, karena harus mengantarkan orderan, juga memijat teman-teman. Tapi demi pundi-pundi semua rela dilakukan.

3. Jualan pulsa

Ini nih kerja sampingan yang paling praktis dilakukan di segala waktu dan kegiatan. Saking praktisnya, usaha yang satu ini sering direkomendasikan buat semua orang yang pengin mendapatkan tambahan uang, tetapi gak punya waktu banyak. 

Selain praktis, jualan pulsa juga modalnya gak gede-gede banget kok, asal punya handphone, dan mendaftarkan diri ke distributor pulsa, kamu bisa berjualan deh. Pasti bakalan laku keras di kalangan ojol, karena pulsa udah menjadi kebutuhan wajib bagi mereka buat menelpon pelanggan misalnya. 

4. Pemandu wisata 

Sebagai ojol, pasti hafal dengan seluk-beluk jalanan di daerah masing-masing. Misalnya driver ojol di Jakarta, pasti memahami dengan seluk beluk jalan-jalan atau tempat menarik di Ibu Kota seperti museum, restoran, atau landmark lainnya. Nah kamu bisa memanfaatkan pengetahuan tersebut buat menjadi pemandu wisata. 

Driver ojol gak kenal yang namanya jam kerja operasional, karena mereka bekerja dengan keinginan sendiri, yang artinya pekerjaan sampingan ini bisa dilakukan kapan saja. Manfaatkan jejaringmu di media sosial atau sesama driver sebagai sarana promosi.

3 Jenis Investasi Minim Risiko Ini Cocok buat Kamu!

kirim-uang
Kirim Uang

Seiring perkembangan zaman yang makin canggih kian bermunculan pula jenis investasi memudahkan banyak orang untuk meraup pundi-pundi kekayaan. Berinvestasi tapi kamu takut bangkrut? Sekarang ada jenis investasi cocok banget buat para pemula jadi jangan khawatir jatuh miskin!

Tak bisa dipungkiri kalau hingga kini masih banyak sekali orang yang enggan berinvestasi dengan alasan takut bangkrut dan investasi hanya diperuntukkan buat orang-orang berduit.

Lalu, apa saja jenis investasi berisiko rendah? Berikut tiga di antaranya:

1. Reksadana pasar uang

Reksadana merupakan contoh jenis investasi yang kini banyak dilirik orang. Pasalnya investasi ini dapat memberikan return besar tapi perlu keluar banyak uang.

Meski begitu, investasi reksadana itu terbagi menjadi empat yaitu reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan juga saham. Nah, masing-masing reksadana menawarkan keuntungan dan risiko yang berbeda.

Salah satu reksadana yang risikonya rendah yaitu pasar uang. Pasalnya, investasi yang satu ini mayoritas dananya akan dialihkan ke deposito dan surat berharga yang jatuh temponya di bawah satu tahun.

2. Investasi emas

Investasi emas batangan tetap menjadi primadona banyak orang hingga kini, baik kaum milenial maupun orangtua.Jenis investasi ini gak salah kalau banyak dilirik nih kesan “klasik” kayak orang zaman dulu, tapi buat peminatnya masih banyak banget!

Pasalnya, instrumen investasi yang satu ini memang terbilang minim risiko tapi tetap dapat menghasilkan banyak cuan.

Cara kerja investasi emas juga sangat mudah, kamu hanya perlu membeli beberapa gram emas batangan yang dananya bisa disesuaikan dengan bujet. Bahkan kini Pegadaian memiliki fasilitas tabungan emas, di mana kamu sudah bisa investasi hanya dengan membeli emas minimal 0,01 gram.

3. Peer to Peer Lending

Peer to peer lending atau P2P Lending juga salah satu jenis investasi dengan risiko rendah. Karena modalnya pun juga terbilang kecil. Bahkan, kamu bisa mulai dengan Rp 100 ribu.

Jadi P2P Lending itu merupakan salah satu instrumen investasi di mana kamu memberikan pinjaman dana ke pihak yang membutuhkan modal usaha atau istilah kerennya adalah investor.

Cara bermainnya juga mudah, kamu hanya perlu memberikan pinjaman dan menunggu hingga danamu dikembalikan serta bunga yang dijanjikan oleh si peminjam dana. Soal return sebenarnya kesepakatan antara investor dengan si peminjam.

4 Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal Dari Investor

kirim-uang
Kirim Uang

Mendapat suntikan modal besar dari investor mungkin menjadi impian sebagian pengusaha di manapun berada. Meski gak punya modal tambahan dari orang lain, kamu juga tetap bisa sukses asal memerhatikan lima cara memulai bisnis pintar di bawah ini.

Banyak orang beranggapan, mendapatkan modal besar merupakan tanda usaha yang kita jalani bakal makin sukses ke depannya. Padahal, hal itu belum tentu terjadi bila pondasi usaha kita gak kuat.

Penasaran apa aja yang harus diperhatikan? Mending langsung aja ketahui 4 cara memulai bisnis yang pintar tanpa adanya modal dari investor berikut:

1. Bekerja sambil berbisnis

ketika kamu memiliki usaha tanpa campur tangan orang lain, itu artinya kamu memiliki waktu yang lebih leluasa untuk tetap bisa bekerja di profesi utama kamu.

Cara seperti ini bertujuan agar kamu memiliki sokongan modal dari pendapatan rutin setiap bulannya.

2. Membuat skala prioritas

Akibat dana yang terbatas dalam membangun usaha, maka kamu butuh membuat daftar skala prioritas hal apa saja yang menjadi fokus utama pengeluaran.

Misalnya, apakah perlu mengeluarkan bujet marketing, padahal di sosial media kita bisa memasarkan produk dengan cara yang gratis. Uang tersebut bisa dialokasikan ke kebutuhan lainnya seperti pengembangan produk atau membayar pegawai.

3. Mencari pegawai yang tepat

Cara memulai bisnis ketiga adalah, mencari sumber daya manusia yang dapat diandalkan. Emang sih untuk mendapatkannya bukan hal mudah, tetapi paling gak kamu harus menyeleksinya secara ketat.

Kalau kamu udah mendapat pegawai yang tepat, beban kerja kamu bakal sedikit ringan. Kalau udah gitu, kamu bisa fokus dalam pengembangan market ke depannya.

Kalau mau lebih irit lagi sih bisa menggunakan jasa keluarga yang punya banyak waktu luang. Pasalnya, kamu sudah mengenal baik kepribadian mereka sehingga bisa memantaunya lebih efisien.

4. Fokus kepada pelanggan, bukan investor

Beberapa pengusaha muda di Indonesia lebih memikirkan modal daripada kepuasan pelanggan. Alasannya, dengan mendapat dana tambahan maka mereka bisa mengekspansi produk atau jasa yang diperjualkan.

Sebetulnya pemikiran seperti itu sedikit terbalik. Karena seharusnya kamu lebih mementingkan kepuasan pelanggan dahulu. Gimana ceritanya kalau kamu gak memikirkan keluhan pelanggan tapi pengin usahanya semakin maju?

Inilah 5 Cara Menghasilkan Uang Sambil Tidur

kirim-uang
Kirim Uang

Banyak orang bingung bagaimana cara menghasilkan uang dengan cepat tanpa harus capek-capek bekerja. Sekarang, hal itu bukan mimpi lagi lho seiring perkembangan zaman yang udah semakin maju. 

Daripada terus-terusan dilema mau pilih yang mana, mending kamu lihat 5 cara menghasilkan uang saat tidur berikut ini. Jadi, kamu gak perlu capek-capek mikirin pelanggan atau bekerja lagi deh!

1.  Berinvestasi emas dan saham

cara menghasilkan uang paling mudah saat tidur adalah menyisihkan penghasilan untuk modal berinvestasi emas atau saham.

Dengan sendirinya, uang bakal berlipat ganda tanpa perlu kamu urusin lagi. Lumayan kanuangnya bisa kamu manfaatkan lagi saat sudah banyak.

Namun, untuk saham mungkin sedikit lebih kompleks caranya karena harus memerhatikan saham perusahaan apa aja yang kinerjanya baik. Kalau kamu gak mau repot-repot memikirnya, bisa memilih emas karena lebih terjamin keuntungannya.

2.  Membuat vlog

Cara lainnya, membuat vlog. Belakangan ini vlog menjadi sumber pendapatan yang menarik bagi kalangan milenial.

Jumlah youtuber Tanah Air pun melonjak lumayan signifikan jika di bandingkan satu dekade lalu. 

Sumber pendapatan membuat vlog bisa kamu dapatkan dari adsense yang diberikan pihak YouTube. Di mana intinya semakin banyak orang yang menyaksikan video kamu, bakal semakin banyak juga uang yang masuk ke rekening.

3.  Peer to Peer Lending

Cara lainnya adalah, menjalani Peer to Peer Lending.

Platform ini terbilang baru di mana kita bakal ditemukan pihak peminjam dana secara digital. 

Jumlah pinjaman dan bunga bakal ditentukan sesuai dengan persetujuan masing-masing pihak yang bertransaksi

4.Mendapatkan royalti

Royalti atau jatah merupakan bagian yang diperoleh seseorang dari pihak lain sebagai pengganti hak cipta, paten, atau yang lainnya.

Umumnya uang ini diperoleh seorang musisi yang menggunakan jasa perusahaan rekaman guna menyebarkan albumnya.

Jadi kalau kamu emang mempunyai bakat di bidang musik bisa mencoba tips ini.

5.  Menyewakan properti

Buat kamu yang memiliki rumah atau hunian yang gak terpakai, bisa langsung menyewakannya kepada orang lain. Pasalnya, saat ini, khususnya di kota besar tempat tinggal adalah sesuatu yang krusial.

Gak cuma menjadi tempat tinggal, kamu juga bisa menyewakannya untuk ruko sehingga penyewa bisa membuka lapak dagangannya.

wDaripada ditinggal doang dan membebani kamu karena harus bayar perawatan, mending aset itu dimanfaatkan menjadi sumber uang.