Menjaga Keluarga Agar Tetap Harmonis

Keharmonisan dan kebahagiaan adalah impian dari setiap pasangan yang menikah, apalagi jika mereka sudah berkeluarga. Namun masih banyak pasangan baru yang bingung bagaimana menciptakan keluarga yang bahagia, damai, serta harmonis. Berbagai cara dilakukan namun rasanya sia – sia apalagi saat anak mulai beranjak dewasa sehingga banyak problem baru serta cara penanganan yang baru pula pastinya. Pengaruh dari lingkungan tak lain juga membuat sebuah proses pembentukan keluarga akan terpengaruh, karena keluarga merupakan bagian atau komunitas terkecil dari sebuah lingkungan yang besar. Menjaga keluarga memang harus dilakukan dengan cara – cara yang tepat dan baik tanpa mengurangi sisi moral serta kemanusian terutama jika menangani anak – anak. Mari kita lihat cara menjaga keluarga yang bisa Anda orangtua lakukan agar keluarga kalian bisa tetap harmonis.

1. Selalu Memberikan Motivasi

Tak banyak orang yang sadar bahwa memberikan kritik itu jauh lebih mudah dibandingkan memberikan pujian. Berikanlah pujian atau motivasi kepada pasangan atau kepada anak Anda dan biasakan untuk saling mengucapkan tolong atau terima kasih. Dijamin dengan dengan cara ini pastinya keluarga Anda akan semakin dekat dan saling mencintai satu sama lain. Berikanlah pujian mulai dari pagi hari dan malam sebelum mereka tidur karena dengan mengawali dan mengakhiri keluarga mereka pastinya keseharian mereka akan semakin sempurna.

2. Jangan Lupa Beri Perhatian

Menjaga keluarga bukan berarti harus mengikuti dan memantau mereka kemanapun setiap anggota keluarga pergi, namun juga dengan memberikan perhatian yang dibutuhkan terutama disaat ada masalah atau beban moral yang menimpa. Jauhkan hari – hari di dalam keluarga dari amarah, emosi, dan hal negative lainnya agar kelak anak bisa mencontoh hal – hal yang baik dari orangtuannya.

3. Jangan Berhutang

Tidak berhutang juga merupakan pendidikan yang baik bagi anak serta merupakan cara untuk menjaga keluarga dari sesuatu yang tidak diinginkan. Hindari berhutang jika memang tidak yakin bisa membayarnya kelak, namun jika suda terlanjur mempunyai utang, maka segera lunasi agar tidak menjadi beban di kemudian hari.

4. Buatlah Rutinitas

Buatlah kegiatan bersama yang bisa dilakukan sebagai rutinitas setiap hari, minggu atau bulannya seperti olahraga bersama, makan bersama, atau berlibur bersama. Dengan cara ini Anda dapat menjaga keluarga dari perpecahan sembari bertukar pikiran serta melakukan hal yang disukai secara bersama – sama.

5. Penuhi Hari Dengan Hal Positif

Jauhi kehidupan berumah tangga dari hal yang bersifat negatif. Bila ada masalah maka selesaikanlah dengan baik – baik dan saling mengakui bila ada salah. Minta maaflah jika masalah sudah selesai, karena ini akan mengajarkan anak untuk bersikap rendah hati dan bertanggung jawab saat mereka dewasa nanti.