Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Pertumbuhan ekonomi Indonesia masih jauh dari predikat baik dan masih bersifat fluktuatif setiap tahun. Dengan berlimpahnya sumber daya alam dan manusia ternyata tidak menjamin negeri ini untuk selalu makmur dan sejahtera. Padahal dengan berlimpahnya resource yang ada, seharusnya kemakmuran dan kesejahteraan bisa dinikmati oleh semua kalangan. Perlu diketahui bahwa saat ini sumber daya di dalam negeri hanya dikuasai oleh kelompok – kelompok tertentu dan bahkan banyak dikelola oleh pihak – pihak asing dari luar Indonesia. Masyarakat yang seharusnya dapat mengelola dan menikmati sumber tersebut justru malah hidup dalam kemiskinan dan penderitaan berkelanjutan. Maka dari itu ketahuilah beberapa cara memacu pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang perlu kalian ketahui.

1. Nasionalisasi Aset Negara

Seperti yang telah dibilang di paragraf pembuka tadi, banyak aset – aset Negara yang ternyata dikelola dan dimiliki oleh pihak asing sehingga Negara tidak mendapatkan manfaat dan keuntungan yang seharusnya dapat digunakan untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik. Maka dari itu, adalah tugas dari pemerintah untuk mengambil alih aset – aset yang dimiliki oleh pihak luar agar dapat dikelola oleh anak bangsa sehingga dapat memberikan lapangan kerja yang melimpah dan pada akhirnya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

2. Menekan Pertumbuhan Penduduk

Tidak berkembangnya pertumbuhan ekonomi dalam negeri juga disebabkan oleh terlalu banyaknya jumlah penduduk yang ada saat ini. Lapangan kerja yang ada tidak memadai saat ini membuat banyak orang pada akhirnya menjadi pengangguran dan meningkatkan angka kriminalitas setiap tahunnya. Dengan menekan pertumbuhan penduduk, maka lapangan pekerjaan dapat disesuaikan dengan jumlah pencari kerja serta akan menurunkan tingkat persaingan satu dengan yang lain.

3. Perbaikan Sektor Wisata

Sektor wisata adalah salah satu penyumbang devisa terbesar selain sektor investasi dan properti. Dengan banyaknya tempat wisata yang indah dan unik, diharapkan setiap tahunnya wisatawan mancanegara akan semakin banyak yang berkunjung sehingga dapat meningkatkan pendapatan Negara. Untuk itu, perlu dilakukan manajemen yang lebih baik terutama dalam hal kebersihan, kenyamanan, serta keamanan bagi para wisatawan.