Melindungi Kesehatan Dimulai Dari Lingkungan Tempat Tinggal

Musim pancaroba selain membawa cuaca yang tidak menentu, juga turut menimbulkan penyakit apalagi jika lingkungan tempat tinggal tidak sehat dan jorok. Saat ini masih banyak masyarakat di kota besar seperti Jakarta tinggal di daerah kumuh dengan sanitasi buruk serta tingkat kesadaran yang rendah akan pentingnya hidup bersih dan sehat. Hal ini juga disebabkan karena belum adanya solusi nyata dari pemerintah untuk mengubah cara hidup mereka menjadi lebih baik, padahal hidup sehat dapat dimulai dari diri sendiri dan lingkungan tempat tinggal kita, tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya dan usaha. Inilah beberapa cara melindungi kesehatan yang dapat dimulai dari tempat tinggal atau lingkungan sekitar kita.

1. Bersihkan Rumah Dari Debu

Debu dan kotoran selain dapat mengganggu keindahan dari perabotan yang kita miliki, juga turut menimbulkan penyakit seperti gangguan pernafasan, gangguan kulit, dan lainnya. Selalu bersihkan perabotan dan sudut – sudut rumah yang sering kali terlewatkan setiap 2 hari sekali agar tetap bersih, nyaman, serta dapat melindungi kesehatan Anda.

2. Buat Ventilasi Udara Yang Baik

Sirkulasi udara yang baik akan membuat para penghuni rumah menjadi lebih sehat secara fisik maupun mental karena otak dan organ vital lainnya membutuhkan asupan oksigen yang cukup. Langit – langit rumah sebaiknya dibuat tinggi dan dilengkapi dengan ventilasi udara serta kawat serangga agar tidak ada binatang atau serangga yang dapat masuk ke dalam rumah.

3. Pencahayaan Yang Baik

Ciptakan pencahayaan yang baik dan memadai untuk setiap ruangan agar biaya pembayaran listrik perbulannya menjadi lebih murah, dan agar tubuh setiap penghuni mendapatkan asupan manfaat dari sinar matahari setiap harinya. Ini juga salah satu cara melindungi kesehatan yang mudah dan murah.

4. Tumbuhkan Kesadaran Untuk Selalu Menjaga Kebersihan

Bagi orangtua, ada baiknya tumbuhkan kesadaran anak dari kecil untuk senantiasa menjaga kebersihan dimanapun mereka berada. Selain akan menciptakan perilaku yang baik terhadap lingkungan sosial mereka, hal itu juga dapat melindungi kesehatan mereka agar bisa hidup sehat hingga hari tua nanti.

Itulah beberapa cara melindungi kesehatan Anda dan keluarga yang dapat dimulai dari tempat tinggal. Selain itu lengkapi juga dengan Asuransi Indonesia yang akan menjamin segala biaya saat terjadi resiko medis suatu saat nanti.