Melindungi Keluarga Dari Bahaya Polusi Asap

Bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan, pastilah tidak asing lagi dengan yang namanya polusi. Entah itu polusi asap, air, cahaya, atau suara sekalipun, polusi adalah sebuah hal yang tidak baik bagi kesehatan diri Anda dan keluarga pastinya. Paparan polusi dalam jangka pendek mungkin tidak akan berpengaruh besar bagi tubuh Anda terutama jika Anda berada dalam kondisi yang fit. Namun apa jadinya jika polusi menyelimuti hari – hari Anda dalam waktu yang lama? Pastilah akan menimbulkan dampak yang berbahaya. Di kota besar seperti Jakarta, polusi yang paling terlihat adalah polusi asap dari kendaraan bermotor yang jumlahnya semakin bertambah banyak setiap tahunnya. Hal tersebut tidak dibarengi dengan kontrol yang baik dari pemerintah sehingga kendaraan yang tidak layak jalan dan berpotensi membuat polusi bisa melenggang bebas setiap harinya. Asap sendiri adalah campuran kompleks dari berbagai bahan seperti gas dan partikel-partikel halus yang dihasilkan dari pembakaran material organik atau lainnya terbakar. Banyak orang yang tidak terlalu memperdulikan bahaya dari asap padahal jika terpapar secara terus – menerus, asap dapat menyebabkan penyakit akut yang berujung pada kematian. Nah dibawah ini akan diulas cara – cara melindungi keluarga kita dari polusi asap yang bisa Anda ikuti, yuk mari kita lihat.

1. Tutup Pintu Dan Jendela

Jika tidak dibutuhkan, ada baiknya Anda tidak membuka pintu atau jendela dirumah Anda. Ini guna menghindari asap atau debu yang dapat masuk ke dalam rumah Anda. Akali dengan membuat dinding yang transparan atau bisa pula dari bahan kaca yang dapat membuat sinar matahari masuk secara maksimal tanpa harus membuka jendel atau pintu.

2. Pantau Kualitas Udara Di Wilayah Anda

Melindungi keluarga memang bukanlah perkara yang mudah karena banyak individu yang harus dijaga kesehatannya. Untuk itu rutinlah selalu mengecek kualitas udara di sekitar rumah Anda sehingga Anda dapat mengetahui perkembangan terkini dari kondisi udara di wilayah Anda.

3. Nyalakan AC

Pendingin ruangan atau Air Conditioner dapat memberikan kesejukan bagi mereka yang berada dalam sebuah ruangan, sekaligus menyaring udara yang ada dalam ruangan tersebut sehingga partikel – partikel jahat bisa tersaring keluar. Ini akan menjadi cara yang baik sekaligus nyaman saat melindungi keluarga.

4. Jangan Merokok

Merokok memang berbahay, apalagi jika merokok pada lingkungan yang berpolusi. Tidak hanya berbahaya bagi diri sendiri, namun juga bagi orang lain disekitar perokok tersebut. Untuk itu jika Anda betul – betul ingin melindungi keluarga Anda maka sebaiknya Anda berhenti merokok agar proses melindungi keluarga bisa berjalan maksimal.

Itulah kira – kira beberapa cara melindungi keluarga dari berbagai macam polusi, salah satunya adalah polusi dari asap. Kenali pula cara lain yang ada diluar sana untuk melindungi keluarga Anda agar kesehatan serta keberlangsungan hidup keluarga bisa terjamin.