Mau Daftar Jaminan Kesehatan Tapi Bingung? Yuk Kenali Jenis dan Manfaatnya

Medical Insurance

Saat ini asuransi sedang gencar – gencarnya di promosikan baik oleh swasta maupun pemerintah kepada masyarakat karena manfaatnya yang begitu menguntungkan. Namun masih banyak yang belum paham mengenai jenis asuransi yang ada di Indonesia dan manfaat asuransi yang dapat diperoleh. Sistem kerja asuransi adalah nasabah akan membayar sejumlah uang dengan nominal yang telah disepakati dengan perusahaan penanggung  dan nantinya jika terjadi hal – hal yang tidak diingingkan maka perusahaan penanggung akan mengeluarkan biaya sebagai bentuk kompensasi atas kerugian yang kita alami. Saat ini ada dua jenis asuransi kesehatan yang ada di dalam negeri, dan berikut adalah jenis dan manfaatnya.

1. Asuransi dari Pemerintah

Pemerintah untuk saat ini bisa dibilang benar – benar memperhatikan rakyatnya. Ini terbukti dengan bantuan yang diberikan oleh pemerintah seperti contohnya dana pendidikan dan jaminan kesehatan. Khusus untuk jaminan kesehatan, pemerintah lewat Badan Penyelengara Jaminan Sosial menerbitkan jaminan kesehatan BPJS yang dapat di akses oleh seluruh kalangan masyarakat, tak terkecuali pengganguran dan tuna wisma. Biaya iuran setiap bulannya juga murah dan tidak ada perbedaan harga berdasarkan umur. Fasilitas yang diberikan sangat lengkap seperti rawat inap, rawat jalan, biaya berobat, dan konsultasi, bahkan hingga cek gigi dan optic, serta kehamilan. Kekurangannya adalah jaminan kesehatan jenis ini hanya dapat digunakan di dalam negeri karena sifatnya nasional.

2. Asuransi Swasta

Jenis jaminan kesehatan yang satu ini sudah lama dikenal di Indonesia namun tidak semua orang dapat atau ingin mengikuti jaminan jenis ini. Selain karena biayanya mahal, ada beberapa hal yang tidak dicakup oleh asuransi kesehatan swasta, seperti contohnya untuk rawat jalan, cek gigi, optic, dan kehamilan. Untuk mendapatkan fasilitas tambahan seperti itu maka nasabah juga harus mengeluarkan biaya lebih. Namun keistimewaan dari jenis ini adalah, dapat digunakan di luar negeri dan fasilitas yang diberikan termasuk ke dalam kelas mewah, selebihnya tidak jauh berbeda dengan jenis pemerintah.

Sekarang Anda telah tahu mana jaminan yang pas dan sesuai dengan Anda. Sebagai tambahan, kunjungi link ini mengenai asuransi yang ada di Indonesia.