Kuliner Khas Maldives Yang Harus Anda Coba

Semua negara pasti punya kuliner khasnya masing-masing. Begitu juga dengan Maldives, negara kepulauan ini memiliki kuliner yang tak kalah lezat dari negara lainnya dan layak untuk Anda coba. Terutama jika Anda ingin berkunjung ke negara yang terkenal eksotis dan kaya akan keindahan alam ini, maka wisata kuliner adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Apa saja kuliner-kuliner tersebut? Simak selengkapnya di sini.

Garudiya

Garudiya atau kaldu ikan adalah kuliner khas Maldives yang umum digunakan sebagai bumbu pada makanan lainnya. Proses pembuatannya melibatkan ikan tuna yang direbus bersamaan dengan garam  dan air hingga matang, kemudian beberapa busa dan partikelnya dibuang. Hidangan ini biasa disantap dengan nasi hangat.

Rihaakuru

Selanjutnya, ada rihaakuru. Kuliner khas Maldives ini berupa pasta ikan yang berwarna gelap. Variasi warnanya mulai dari cokelat muda hingga cokelat gelap dan juga terbuat dari tuna yang direbus hingga proses tertentu.  Rihaakuru merupakan makanan tradisional yang hampir dikonsumsi setiap hari oleh penduduk Maldives dan tersedia di meja makan sebagai penyedap tambahan.

Bajiya

Jika sebagian besar negara Asia punya samosa, maka kuliner khas Maldives ini sama rupanya. Bajiya juga merupakan versi lain dari samosa, namun berasal dari Maldives. Sesuai dengan wilayahnya yang kaya akan hasil laut, hidangan ini pun mengandung ikan dan juga campuran bawang bombay yang digoreng dengan lapisan kulit tepung. Hidangan ini biasa disajikan sebagai camilan.

Gulha

Selain bajiya, gulha juga merupakan salah satu kuliner khas Maldives yang berupa camilan. Gulha terbuat dari tepung gandum atau tepung beras yang terkadang juga memiliki isian. Umumnya, masyarakat lokal menggunakan ikan tuna atau tuna kalengan. Cara memasaknya, semua bahan tersebut dicampur dan dibentuk seperti bola ping-pong, kemudian dipanggang di dalam oven. Camilan ini cocok untuk menjadi teman minum teh Anda saat mengunjungi Maldives.

Mas riha

Mas riha atau kari ikan adalah salah satu kuliner khas Maldives yang juga banyak digunakan oleh masyarakat setempat. Layaknya Garudiya, hidangan ini biasa disantap dengan nasi putih yang hangat. Mas riha sendiri terbuat dari ikan segar, biasanya ikan tuna, tongkol atau cakalang yang dibumbui dengan bawang bombay juga bumbu lainnya yang di tumis terlebih dahulu. Ikan tersebut kemudian di potong dadu dan direbus bersama dengan santan. Rasanya, tak kalah lezat dari kari-kari yang berasal dari negara lainnya. Jadi, apa Anda sudah siap mencoba kuliner-kuliner pulau Maldives ini?