Kenapa Orang Jepang Suka Makan Ikan Mentah? Ini Alasannya

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Sushi dan Sashimi. Ya, salah satu makanan Jepang ini merupakan makanan Jepang dihidangkan dengan menggunakan daging ikan mentah. Artinya ikan yang disajikan tidak dimasak sama sekali. Namun, bukannya kebanyakan orang enggan untuk memakannya, justru hal ini menjadi daya tarik dan ciri khas dari makanan Jepang tersebut. Lantas, mengapa orang Indonesia tidak mengkonsumsi ikan secara mentah juga? Ada beberapa alasan yang menyebabkan Jepang dapat menyajikan makanan dengan ikan mentah. Bagi yang penasaran mengenai jenis makanan Jepang, bisa membaca artikel ini terlebih dahulu. BErikut adalah alasan mengapa orang Jepang menyajikan hidangan ikan secara mentah.

Tradisi Nenek Moyang

Memakan makanan mentah sudah menjadi kebiasaan sejak zaman dahulu kala. Tradisi nenek moyang ini terus bertahan hingga saat ini. Selain itu orang-orang Jepang ingin mempertahankan keaslian rasa dari setiap ikan tersebut. Dengan prinsip mempertahankan cita rasa aslinya, mereka akan meminimalisir proses pemasakan ikan tersebut. Untuk menghilangkan rasa amis yang ada, terkadang chef memeraskan lemon di daging tersebut. Selain itu juga ada kecap Jepang, atau shoyu yang akan menambah kelezatan dari daging mentah tersebut.

Letak Geografis

Alasan berikutnya yang menyebabkan orang Jepang mampu mengkonsumsi ikan mentah adalah letak geografisnya. Jepang memiliki perairan yang baik bagi kehidupan laut. Pasalnya laut di JEpang merupakan jalur pertemuan arus panas dan arus dingin, dimana airnya sangat jernih dan banyak biota laut yang terdapat di daerah tersebut. Keadaan laut yang bersih membuat ikan di perairan Jepang dapat dimakan secara mentah. Pada dasarnya, semua ikan sama, namun yang membedakannya adalah kondisi perairan tempat ikan tersebut hidup. Maka dari itu, orang Indonesia bisa memakan ikan dari perairan Indonesia setelah dimasak dengan suhu tertentu hingga matang, karena kondisi perairannya yang tidak sebaik kondisi perairan Jepang.

Itulah alasan mengapa orang Jepang mampu menyajikan makanan ikan secara mentah berupa sushi dan sashimi. Dan itulah mengapa orang Indonesia menyajikan makanan berupa ikan yang selalu dimasak matang.