Empat Tips untuk Menjaga Kebersihan Tempat Tidur

Tempat tidur merupakan tempat setiap manusia melakukan istirahatnya yang paling tidak berdurasi tujuh jam. Sebagai tempat beristirahat, tempat tidur haruslah selalu bersih agar, kita tidak terserang penyakit seperti sakit kulit, influenza, dan penyakit lainnya. Baik kasur busa maupun sprig bed, harus tetap dibersihkan utuk meminimalisir berkembangnya bakteri. Untuk menjaga kebersihan tempat tidur, ada beberapa hal yang perlu dperhatikan.

1. Menjemur Alas Tidur

Alas tidur anda, baik kasur maupun spring bed harus selalu dijemur untuk menghilangkan bakteri yang menempel. Paling tidak seminggu hingga dua minggu sekali anda disarankan untuk menjemur alas tidur anda dibawah teriknya sinar matahari. Durasi penjemuran berkisar antara satu hingga dua jam, tergantung dari intensitas sinar matahari. Setelah anda menjemurnya, jangan lupa untuk menepuk atau menggebuk alas tidur tersebut dengan pukulan rotan untuk mengankat debu yang menempel pada alas tidur anda.

2. Menggunakan Sprei dan Menggantinya

Menutupi alas tidur dengan sprei dapat mengurangi menempelnya debu pada alas tidur anda. Sebagai gantinya, debu dan bakteri sebagian besar akan menempel pada sprei anda. Maka dari itu, anda sebaiknya mengganti sprei seminggu sekali. Selain menjaga kebersihan anda, tidur menggunakan sprei akan menambah kenyamanan tidur anda.

3. Melakukan Aktifitas Lain

Melakukan aktifitas lain seperti makan dan duduk sambil mengerjakan sesuatu di tempat tidur dapat mengganggu kebersihan tempat tidur. Jika anda makan, aka nada kemungkinan makanan tersebut terjatuh di kasur dan menyebabkan bau yang mengundang bakteri atau semut.

4. Mandi Sebelum Tidur

Untuk menjaga kebersihan tempat tidur anda, sebaiknya sebelum beranjak tidur, anda membersihkan diri seperti mandi. Dengan mandi sebelum tidur, anda akan merasa lebihnyaman selama tidur, karena badan anda yang bersih dan menjaga kasur anda tetap bersih dan higienis.

Itulah keempat tips untuk menjaga kebersihan tempat tidur. Dengan menjaga kebersihan, anda akan terlindungi dari ancaman bakteri dan penyakit yang akan menyerang tubuh anda. Untuk mendapatkan informasi lebih mengenai perlindungan kesehatan, anda bisa membaca artikel-artikel menarik pada sumber yang terpercaya seperti di link tersebut.