Empat Jenis Cara Masak Makanan Jepang Ini Paling Ramai di Indonesia

Tidak dipungkiri lagi kalau masakan Jepang memang sudah nempel di lidah masyarakat Indonesia. Pasalnya, negara Indonesia sudah mengenal Jepang sejak zaman penjajahan. Setelah Indonesia merdeka dari Jepang, lama kelamaan budaya Jepang mulai masuk ke Indonesia, salah satunya adalah ragam jenis makanan Jepang yang bisa ditemui di berbagai mall atau bahkan pinggiran jalan. Hal ini disebabkan karena adanya kesamaan selera dalam bumbu dan cara memasaknya, seperti digoreng, menggunakan rempah–rempah yang tajam. Bagi anda yang ingn mengetahui makanan Jepang lebih dalam, bisa menuju ke link ini. Dari berbagai jenis makanan Jepang yang ada, berikut adalah empat jenis cara memasak makanan Jepang yang populer di Indonesia.

Bento

Jenis makanan yang paling sering dijumpai oleh masyarakat Indonesia adalah jenis makanan bento. Makanan bento merupakan hidangan Jepang berupa olahan udang, ayam, atau ikan yang digoreng, dan dimakan dengan nasi khas Jepang. Untuk restoran bento sendiri dapat dtemui hampir di setiap mall di kota-kota besar. Bahkan beberapa penjual makanan bento ada yang memiliki gerobak atau ruko sendiri untuk berjualan jenis makanan ini. Jenis makanan bento memiliki harga yang relatif murah, hal itu yang menjadi salah satu penyebab jenis makanan ini lebih mudah diterima oleh masyarakat luas.

Sushi dan sashimi

Jenis makanan kedua adalah sushi dan sashimi. Kedua jenis makanan tersebut memiliki kemiripan, dimana cara memakannya yang sama. Namun kedua makanan ini cukup berbeda dari bentuknya. Sushi merupakan campuran berbagai lauk, sayuran dan buah yang digulung dengan nasi Jepang dan juga nori. Sedangkan sashimi adalah kepalan nasi yang diberikan topping seperti salmon, tuna, telur, gurita, dan lain-lain.

Shabushabu

Jenis makanan ketiga cukup berbeda dengan kedua jenis makanan sebelumnya, dimana shabushabu merupakan makanan yang dimasak sendiri oleh pembelinya. Biasanya di tengah-tengah meja terdapat kompor kecil dengan panic yang berisikan air mendidih. Cara memasaknya adalah dengan mengambil beberapa lauk yang disukai dan dimatangkan sendiri di dalam panic mendidih tersebut.

Teppanyaki

Jenis makanan yang terakhir adalah tepanyaki. Hal yang membuat jenis makanan ini menarik adalah cara memasaknya. Dimana pembeli bisa melihat secara langsung seorang koki memasak makanan yang di pesan di depannya secara langsung. Koki tersebut akan memasak di atas lempengan panas dan akan memberikan atraksi-atraksi memasak seperti acrobat spatula atau flaming (mengeluarkan api) yang akan membuat anda terpukau.

Itulah keempat cara memasak makanan Jepang yang paling di minati masyarakat Indonesia. Terlihat dari banyaknya jumlah restoran jengan jenis makanan tersebut di kota-kota besar, menyebabkan jenis makanan tersebut menjadi favorit masyarakat Indonesia.