Dampak Pariwisata Bagi Perekonomian Dalam Negeri

  Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang  memberikan kontribusi yang sangat besar bagi sebuah Negara  terutama dalam hal pendapatan. Indonesia sangat beruntung  karena telah dikaruniai oleh begitu banyak keindahan alam yang  telah membuat banyak wisatawan mancanegara seperti  “kecanduan” untuk datang kesini. Selain karena keindahan  alamnya, budaya serta masyarakatnya yang ramah membuat  mereka yang berkunjung kesini semakin betah dan tidak ingin  pergi. Nah ini dia beberapa dampak yang ditimbulkan oleh  sektor pariwisata bagi perekonomian dalam negeri.

1. Penerimaan Devisa

Banyaknya tempat wisata dan liburan yang indah di Indonesia membuat banyak wisatawan berkunjung kesini. Jika banyak wisatawan yang berkunjung, maka secara otomatis akan terjadi peningkatan devisa yang turut membantu perekonomian dalam negeri.

2. Pendapatan Masyarakat

Adanya destinasi wisata yang rami dikunjungi, tentunya akan meningkatkan pendapatan dari masyarakat lokal disana. Mereka dapat membangun rumah makan, tempat penginapan, atau menjual aksesoris dan perlengkapan lain untuk liburan sehingga dapat menambah pendapatan mereka sehingga dapat tercipta kesejahteraan dan kemakmuran pada daerah tersebut. Hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di dalam tanah air.

3. Lapangan Kerja

Kesempatan kerja juga dapat meningkat seiring dengan terbukanya lapangan kerja pada tempat – tempat wisata disana. Ini akan membantu mengurangi tingkat kemiskinan dan tingkat pengangguran serta dapat mengurangi kesenjangan sosial yang ada. Namun ternyata ada dampak negative yang dapat muncul yaitu, biasanya jenis pekerjaan yang ada di tempat wisata merupakan pekerjaan musiman sehingga tidak ada jaminan bagi mereka yang bekerja untuk musim setelah musim liburan.

4. Pembangunan

Dengan adanya destinasi wisata pada suatu daerah, maka salah satu hal utama yang perlu diperhatikan adalah akses masuk dan keluar tempat tersebut. Otomatis pemerintah wajib membangun sarana dan prasarana yang layak agar pengalaman berwisata para turis tidak terganggu. Tentunya ini dapat meningkatkan perekonomian tanah air terutama pembangunan yang melibatkan investor – investor asing.

Itulah beberapa dampak dari sektor pariwisata yang dapat meningkatkan laju ekonomi dalam negri.