Daftar Makanan Jepang yang Populer di Indonesia

Jepang sebagai salah satu Negara yang pernah menduduki Indonesi telah meninggalkan beberapa kebudayaannya di Indonesia. Salah satu kebudayaan yang di terima masyarakat Indonesia adalah makanannya. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya restoran jepang yang ada di kota-kota besar di Indonesia. Selain itu, sudah banyak masyarakat Indonesia modern yang menjadikan masakan Jepang sebagai menu makan sehari-harinya, bahakan hingga dapat memasaknya sendir, karena bumbu yang digunakan tidak jah berbeda dengan bumbu Indonesia, serta banyak toko yang menjual berbagai bumbu tamahan yang sering dipakai dalam masakan Jepang.

Sashimi dan Sushi

Sushi dan Shashimi sering kali dianggap sebagai makanan serupa, karena bahannya hampir sama. Namun sebenarnya sushi dan sashimi merupakan dua jenis makanan yang berbeda. Sashimi merupakan irisan lauk seperti salmon, telur, tuna atau gurita yang ditaruh di atas nasi. Sedangkan sushi biasanya lauk tersebut dibalur dengan nasi dan nori.

Domburimono

Makanan ini biasanya disajikan di mangkuk dengan bahan nasi yang berada pada dasar mangkuk, dan ditutup dengan berbagai jenis lauk seperti telur, ayam, daging sapi rebus, udang goreng. Biasanya makanan ini disajikan bersamaan dengan sup tahu dan acar.

Tempura

Tempura merupakan makanan yang berbahan makanan laut dan sayuran yang digoreng. Cara memakan tempura adalah dengan mencelupkan gorengan tersebut kedalam saus dan dimakan dengan nasi hangat khas Jepang.

Sukiyaki

Sukiyaki merupakan sup jepang yang berisikan tahu, jamur shiitake, daun bawang, daun krisan, mie, daging sapi. Sukiyaki disajikan di dalam mangkung dan memiliki kuah yang terbuat dari kecap, sake manis dan gula.

Shabushabu

Shabushabu merupakan jenis makanan Jepang yang dimasak sendiri. Cara memakannya dengan mencelupkan irisan daging atau sayuran ke dalam panic dengan air mendidih yang berada di tengah-tengah meja makan. Setelah dicelupkan beberapa saat, daging tersebut dicelupkan ke dalam saus wijen dan langsung dimakan.

Yakitori

Yakitori merupakan sate dari Jepang. Sate ini terdiri dari potongan daginga ayam hingga jantungnya. Sate ini dimasak diatas panggangan arang dengan menggunakan saus tare. Yakitori biasanya menjadi makanan cemilan saat para orang Jepang berkumpul untuk minum.

Mie Ramen

Mie Ramen merupakan makanan mie kuah Jepang dengan kuah yang memiliki variasi rasa yang ditentukan dari jenis kaldu yang digunakan. Mie ramen biasanya berisikan jamur Shiitake, bawang bombay, kacang kedelai, dan daun bawang.

Teriyaki

Teriyaki merupakan jenis makanan jepang yang dimasak di atas wajan dengan menggunakan saur teriyaki. Saus tersebut merupakan campuran kecap asin atau shoyu, sake, dan gula pasir. Namun saat ini sudah banyak toko toko yang menyediakan saus teriyaki dalam kemasan yang sudah siap masak.

Takoyaki

Takoyaki termasuk kedalam street food dimana dapat ditemukan di pinggiran jalan. Takoyaki merupakan adonan bulat yang dimasak diatas cetakan takoyaki. Biasanya takoyaki berisikan cincangan daging gurita. Dihidangkan dengan menungkan saus teriyaki dan mayonnaise.