Cara Merencanakan Umrah Dengan Baik

Umat Muslim dari berbagai negara di dunia pasti akan ingin berkunjung ke Baitullah untuk menunaikan ibadah haji atau umroh sebelum mereka meninggal dunia suatu saat nanti. Pergi haji merupakan suatu hal yang spesial, karena ibadah haji adalah  rukun Islam yang terakhir yang wajib hukumnya untuk dilakukan setidaknya sekali seumur hidup. Sedangkan umrah adalah rukun Sunnah yang dapat dilakukan dengan biaya yang lebih murah dan waktu yang tidak terlalu lama. Namun keduanya sama – sama membutuhkan perencanaan yang baik karenan membutuhkan kemantapan dari segi mental, fisik, dan finansial. Nah lalu apa saja yang dapat dilakukan untuk dapat merencanakan umrah dengan baik? Yuk kita lihat ulasannya dibawah ini.

1. Memantapkan Tujuan

Sebelum memulai proses persiapan umrah, dahulukan dengan memantapkan tujuannya. Dalam merencanakan umrah, tumbuhkanlah dorongan yang kuat dan motivasi yang baik agar bisa pergi ke tanah suci sesua dengan target waktu dan umur yang kita inginkan. Jauhkanlah segala hal yang tidak bermanfaat dan buanglah kebiasaan – kebiasaan buruk agar tujuan kita semakin dimantapkan.

2. Hidup Hemat

Merencanakan umrah harus dilakukan dengan niat yang baik dan perubahan yang salah satunya dapat dilakukan dengan memulai pola hidup hemat. Hidup hemat bukan berarti pelit, tapi dapat menyaring antara kebutuhan dan keinginan, dan yang bermanfaat atau yang tidak bermanfaat. Tahanlah keinginan untuk berbelanja secara berlebihan dan nongkrong di tempat – tempat mahal. Lebih baik uang yang ada digunakan untuk membeli perlengkapan saat akan pergi umrah nanti.

3. Mencari Penghasilan Lebih

Masa muda adalah saat dimana kemampuan fisik dan otak masih mumpuni untuk melakukan pekerjaan yang berat untuk mendapatkan penghasilan yang lebih. Jika kuat untuk kerja lembur maka lemburlah sehingga bisa memperoleh uang lembut atau juga bisa membuat bisnis sampingan sehingga pendapatan kita dapat semakin banyak

4. Menabung

Tips merencanakan umrah yang terakhir adalah dengan menabung. Sisihkanlah sebagian dari total pendapatan kita untuk ditabung dalam program untuk pergi umrah yang saat ini bisa didapatkan di agen – agen umrah. Dengan cara ini pastilah kelak kita bisa semakin cepat untuk pergi kesana.