6 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Investasi Emas

Investasi emas saat ini masih menjadi jenis investasi favorit, pasalnya emas memiliki nilai yang selalu naik dan menguntungkan dibanding dengan bentuk investasi lainnya. Selain itu, investasi emas terbilang mudah, karena prosesnya yang hanya membeli emas batang di Antam dan menyimpan dalam bentuk fisik. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berinvestasi di emas batang. Simak enam tips berikut.

1. Membeli tanpa fisik

Dunia digital memberikan berbagai macam keuntungan, salah satunya yaitu memberi kemudahan bagi manusia untuk mempersimpel kegiatan transaksi dan jual beli secara online. Hal inilah yang perlu diwaspadai bagi para investor emas. Jangan pernah transaksi emas tanpa menerima bentuk fisiknya, karena hal tersebut sangatlah beresiko bagi anda.

2. Berinvestasi pada perhiasan

Jika Anda ingin berinvestasi di emas, lebih baik anda berinvestasi pada emas batangan daripada berinvestasi dalam bentuk perhiasan. Hal ini disebabkan emas yang berbentuk perhiasan memiliki harga yang lebih mahal, karena toko emas melihat tingkat kerumitan pembuatan perhiasan tersebut dan mdapat menambah harga jual. Untuk tujuan investasi emas, Anda disarankan untuk membeli emas batang yang dapat ditemui di Atam dan Pegadaian.

3. Tempat penyimpanan emas

Emas merupakan sebuah investasi berupa fisik yang harus anda simpan sendiri. Simpanlah emas pada tempat yang aman seperti deposit box pada bank atau brankas pribadi di rumah. Dalam menyimpan emas, Anda haeus mampu mengambilnya kapanpun Anda membutuhkannya.

4. Timing yang salah

Dalam investasi emas, waktu pembelian dan penjualan sangatlah mempengaruhi keuntungan, karena harga emas sangatlah fluktuatif. Waktu yang tepat untuk berinvestasi emas adalah membeli saat harga emas sedang turung dan menjualnya ketika harga emas sedang naik.

5. Hutang pembayaran investasi

Menerapkan sistem hutang dalam pembelian emas sangatlah tidak disarankan. Hal tersebut dikarenakan akan memberikan efek terikat kepada Anda untuk menjual atau membelinya. Belilah emas batangan secara tunai yang memiliki resiko sangat kecil. Emas merupakan investasi jangka panjang yang akan membuat sulit untuk membayar hutang pembelian emas dalam waktu yang singkat. Kegiatan ini bisa ditemui di trend arisan jaman sekarang yang dilakukan dalam bentuk emas.

6. Membeli emas ukuran besar

Membeli emas dengan jumlah gram yang besar tentunya akan menuntut investor untuk memiliki modal yang lebih besar dan tentunya akan lebih menguntungkan. Namun, perlu diketahui bahwa menjual emas dalam ukuran yang besar jauh lebih sulit dibandingkan dengan menjual emas yang berukuran kecil.

Itulah enal hal yang perlu diperhatikan dalam investasi emas. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda terinspirasi untuk melakukan investasi emas yang baik dan benar.