4 Tips Jitu Untuk Investasi Pemula

Bagi beberapa orang, menjadi seorang investasi pemula bukanlah hal yang mudah. Banyak aspek-aspek yang perlu diperhatikan dan dipelajari agar uang yang sudah diinvestasikan menghasilkan keuntungan di kemudian hari. Pada kesempatan kali ini admin akan mencoba untuk memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan bagi investasi pemula agar bisa mengambil keputusan yang tepat dalam melakukan investasi di pasar saham.

1. Lakukan analisis

Dalam berinvestasi di pasar saham, hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan analisis fundamental saham. Analisis ini dilakukan dengan melakukan penyelidikan yang dilakukan pada kinerja perusahaan tersebut di Bursa Efek dan penyelidikan pada segi fundamental seperti melalui prospectus perusahaan, laporan keuangan, profil perusahaan, dan berita-berita pasar modal.

2. Up to date mengenai berita perusahaan

Sebagai sebuah perusahaan, proses merger dan re-organize merupakan hal yang biasa terjadi. Tugas yang perlu dilakukan investasi pemula adalah selalu mengetahui berita terbaru seputar perusahaan sasaran investasi anda termasuk isu isu yang terjadi. Hal ini sangat penting, karena proses proses tersebut akan mempengaruhi nilai kepemilikan anda.

3. Cermat sebelum transaksi

Jika seorang investasi pemula bermain saham melalui bursa efek, setiap saham akan memberikan trend harga dan volume penjualan yang menjelaskan waktu terbaik untuk melakukan transaksi jual ataupun beli. Anda bisa memperoleh data dari divisi riset Perusahaan Efek Anda dan melakukan analisa teknikal untuk melakukan transaksi jual dan beli.

4. Don’t put all your eggs in one basket

Dalam bermain saham, Anda disarankan untuk tidak hanya membeli saham di satu perusahaan saja. Hal ini disebabkan karena jika Anda hanya menanamkan saham pada satu perusahaan saja, ketika perusahaan tersebut bangkrut, maka akan hilang semua investasi yang Anda miliki. Seperti istilah yang ada, “don’t put all your eggs in one basket” karena jika keranjang itu jatuh, telur tersebut akan hancur semua.

Itulah keempat tips bermain saham untuk investasi pemula. Keempat tips ini hanyalah dasar dari banyaknya tips yang ada, setelah Anda bermain saham secara langsung. Anda akan belajar dengan sendirinya dan bertemu dengan para expertise yang akan membimbing Anda dalam bermain jenis investasi saham ini.