3 Investasi Ilmu yang Tidak Anda Sadari

Menutur Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata investasi didevinisikan sebagai kegiatan penanaman modal yang berupa uang dalam suatu perusahaan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Namun, sebenanya kegitan investasi tidak hanya kegiatan penanaman modal seperti definisi di atas. Investasi juga bisa berupa properti, emas, lukisan, dan ilmu. Investasi ilmu di dalam dunia pendidikan merupakan hal yang sering dilakukan, namun seringkali tidak kita sadari. Sama dengan tujuan investasi lainnya, investasi ilmu juga bertujuan untuk memperoleh keuntungan di masa depan. Berikut adalah lima bentuk investasi ilmu yang tidak Anda sadari.

1. Mengikuti kursus

Mengikuti kelas pelajaran tertentu di luar jam sekolah atau kursus merupakan salah satu bentuk investasi dalam bidang pendidikan. Mengikuti kursus biasanya bertujuan untuk menambah ilmu baru yang tidak diajarkan di pendidikan formal atau untuk mendalami bidang yang sudah dipelajari sebelumnya agar semakin paham dan mengeri di suatu ilmu terebut.

2. Overseas study

Oversear study, atau belajar di luar negri merupakan contoh investasi lainnya. Dengan mengikuti overseas study, Anda akan memperoleh pembelajaran yang berbeda dengan sistem pembelajaran di Indonesia. Selain itu Anda juga akan mengenal berbagai kebudayaan negara lain karena secara langsung anda akan bergaul dengan masyarakat yang dibesarkan di bagian negara dan kebudayaan yang berbeda. Untuk mendapatkan investasi jenis ini, Anda bisa mengikuti program pertukaran pelajar, summer class, ataupun program LPDP dari pemerintah Indonesia.

3. Internship

Bentuk investasi ilmu terakhir adalah dengan mengikuti program internship yang diselenggarakan oleh barbagai macam perusahaan. Dalam program internship ini, Anda akan bekerja di kantor layaknya seorang pegawai kantor dengan gaji yang relative kecil. Namun, sebagai seorang yang tidak memiliki pengalaman bekerja, program ini akan sangan membantu untuk mendalamkan ilmu di bidang tertentu secara langsung di dalam perusahaan.

Itulah tiga jenis investasi ilmu yang mungkin tidak anda sadari. Dengan tujuan memperoleh keuntungan di masa depan, keuntungan yang anda dapatkan adalah kecerdasan di masa depan. Selain itu, di dalam dunia kerja Anda akan dianggap sebagai seorang yang expert di bidang yang anda geluti tersebut. Dengan adanya arikel ini, semoga Anda terinspirasi untuk mulai mencoba untuk memulai investasi di bidang pendidikan.