4 Peluang Usaha yang Bakal Laris Manis di Ibu Kota Baru

uang-digital
Uang Digital

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan memindahkan Ibu Kota Indonesia, dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Keputusan ini telah didasari beberapa pertimbangan, di antaranya Jakarta yang sudah mulai terlalu padat. 

Pasalnya, Kaltim bakal ketiban bonus demografi berupa migrasi besar-besaran PNS yang bertugas di pusat. Jumlahnya diperkirakan mencapai lebih dari 1 juta PNS. 

Di mana ada permintaan, maka di situlah muncul peluang usaha. Inilah beberapa peluang usaha yang diprediksi bakal laris-manis di pusat kota yang baru: 

1. Kos-kosan

Dari sekitar 1 juta PNS yang bakal hijrah tugas ke Kalimantan Timur, mungkin sebagian besar bukan asli dari sana. Ada yang dari Jawa, Sumatera, Sulawesi, Papua, dan lainnya.

Bahkan, gak jarang ada beberapa di antaranya yang sudah lama menetap di Jakarta dan membeli rumah di sekitarannya. Namun, ketika ditugaskan untuk pindah, mau gak mau mereka harus memenuhi amanah tersebut. 

Kepindahan ini menambah beban pikiran mereka lagi, khususnya dalam hal tempat tinggal. Kalau tidak ada mess, kos-kosan atau kontrakan menjadi pilihan yang tepat. 

2. Hotel

Sebagai pusat pemerintahan, kemungkinan besar, penyelenggaraan pertemuan hubungan diplomatik dengan negara sahabat juga bakal digelar di sana. 

Untuk memenuhi kebutuhan akomodasi mereka, tentu diperlukan penginapan-penginapan berbintang yang layak untuk tamu kenegaraan. 

Bagi para pebisnis properti-properti besar, tentu ini menjadi peluang usaha untuk mereka mulai mengembangkan bisnisnya ke daerah Kalimantan Timur. Bisa dengan membangun hotel-hotel berbintang. 

3. Bisnis kuliner 

Bisnis kuliner memang menjadi peluang usaha paling menjanjikan di semua wilayah. Apalagi, nantinya muncul Ibu Kota baru. Bisnis makanan yang kira-kira disenangi oleh banyak orang, seperti buka warung masakan Padang, atau warung Tegal yang murah meriah. 

Lebih bagus lagi kalau bisa buka di dekat kantor-kantor pemerintahan nantinya. Dijamin jadi serbuan PNS saat lapar di siang atau malam hari. 

4. Ojek 

Bisa ojek online maupun ojek pangkalan, pasti bakal dibutuhin banget di sana. Tujuannya tentu saja untuk mengantarkan para abdi negara dari tempat tinggalnya ke kantor. 

Karena kemungkinan besar nantinya area tempat tinggal bakal berada jauh di pinggiran pusat pemerintahan. Untuk mempercepat transportasi, ojek masih menjadi andalan para pegawai di pemerintahan nantinya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *