3 Langkah Mudah Investasi Reksadana secara Online

uang-digital
Uang Digital

Sekarang ini banyak orang, khususnya generasi milenial, yang lagi giat-giatnya berinvestasi. Mereka yang telah melek secara finansial memahami betapa pentingnya mempertahankan atau bahkan meningkatkan nilai kekayaan mereka agar gak tergerus oleh inflasi.

Kini investasi reksadana makin mudah sejak munculnya platform online yang dikhususkan sebagai marketplace reksadana. Di platform tersebut para investor bisa melakukan jual beli reksadana. Berikut ini cara-cara investasi reksadana online.

1. Pilih platform investasi reksadana online

Sejauh ini cukup banyak platform jual beli reksadana online yang tercatat di OJK. Daftar platform tersebut bisa ditemukan di website resmi OJK.

Tinggal ditelusuri satu per satu atau cari tahu informasinya dari orang-orang yang telah menggunakan layanan dari platform tersebut. Biasanya, informasi berdasarkan pengalaman orang lebih membantu buat menemukan platform yang tepat.

2. Registrasikan diri buat memiliki akun, single investor identification (SID), dan rekening dana investasi (RDI)

Umumnya hampir semua platform menawarkan pendaftaran sekaligus. Dengan kata lain, investor gak cuma mendaftar buat memiliki akun di platform, tapi juga memiliki (SID) dan (RDI).

Nomor tunggal identitas pemodal atau (SID) adalah kode tunggal dan khusus yang diterbitkan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia sebagai identitas dari investor. Sementara (RDI) berguna sebagai rekening tempat investor menempatkan dananya buat membeli reksadana, saham, ataupun obligasi.

Tiap-tiap platform punya prosedur yang berbeda-beda. Ada yang prosedurnya total dilakukan secara online, ada juga yang meminta pengiriman formulir pembukaan rekening yang telah diberi materai dan dibubuhkan tanda tangan.

3. Setelah memiliki akun, SID, dan RDI, lakukan deposit awal buat memulai investasi

Investasi reksadana gak bisa dilakukan sebelum ada konfirmasi yang menyatakan dana milikmu telah selesai dibuatkan. Biasanya konfirmasi tersebut diinformasikan melalui email yang dikirimkan platform marketplace reksadana.

Begitu menerima email konfirmasi, kamu diminta melakukan deposit awal atau mengirimkan sejumlah dana ke rekening dana investasi agar bisa membeli unit reksadana. Dana di RDI juga bisa dipindahkan ke rekening tabungan kapan aja kalau kamu membutuhkan dananya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *