3 Usaha Sampingan di Desa yang Menguntungkan

uang-elektronik
Uang Elektronik

Usaha sampingan di desa bisa menjadi pilihan menguntungkan untuk menggelembungkan tabunganmu. Pasalnya, gak cuma di kota, ada banyak peluang yang bisa diciptakan di kampung.

Biasanya, saat musim Lebaran tiba, banyak warga desa yang merantau ke kota-kota besar. Tujuannya tentu untuk mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan yang menjanjikan.

Tapi, hal itu juga gak semudah yang dibayangkan. Persaingan kerja di kota-kota besar seperti Jakarta juga sangatlah susah.

Berdasarkan kekhawatiran di atas, maka hijrah ke kota besar layak kamu pikirkan matang-matang. Ketimbang jadi beban, kenapa gak kamu buka usaha yang ada di kampung saja? Sembari usaha, kamu juga bisa mencari pekerjaan utama di sana.

Ada banyak yang bisa kamu pilih, berikut ini contohnya.

1. Ternak ayam

Salah satu usaha sampingan di desa adalah beternak ayam. Tapi, dibutuhkan modal yang besar untuk bisa menjalankan usaha ini, misalnya biaya pembuatan kandang, pembelian bibit, pembelian pakan, sampai biaya vaksin dan lain-lainnya.

Belum lagi kalau kamu harus membayar para pekerja untuk mengurusi peternakan itu, kangak mungkin kamu mengurusnya sendiri, apalagi masih memiliki pekerjaan utama.

Jangan takut bisnismu gak laku, karena ayam masih menjadi lauk favorit masyarakat. Tugas terberatnya mungkin mencari pembeli tetap yang kira-kira mau membeli ayam dalam jumlah banyak darimu.

2. Ternak lele

Seperti halnya ternak ayam, untuk usaha ternak lele kamu membutuhkan lahan yang luas. Lahan tersebut untuk dibikin kolam yang menampung ratusan bahkan ribuan bibit lele.

Tapi sebenarnya bisnis ini bisa dijalankan langsung di halaman rumah kamu, mengingat rumah-rumah di kampung memiliki halaman yang sangat luas. Jadi manfaatkan saja halamanmu, dan gak perlu menyewa tempat deh.

3. Jualan pulsa

Berjualan pulsa mungkin bisa menjadi pilihan usaha sampingan di desa yang paling mudah. Kamu gak perlu modal besar-besar seperti usaha lainnya, hanya bermodalkan ponsel pintar saja kamu sudah bisa meraup keuntungan.

Udah gitu, kamu bisa berjualan dari mana saja, misal dari kantor, dari rumah, atau dari manapun kamu berada, asalkan ada saldo dan jaringan sinyal.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *