Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Mengajukan Pinjaman KTA

uang-online
Uang Online

Saat berada dalam situasi kekurangan dana, pilihan yang tersedia cuma dua. Pertama, mengajukan pinjaman semisal pinjaman KTA. Kedua, menunda realisasi tujuan yang udah direncanakan.

Namun, kadang-kadang situasinya mengharuskan kita gak bisa menunda mempersiapkan dana tersebut. Misalnya aja keperluan renovasi rumah yang mau gak mau mesti dilakukan dalam waktu cepat. Atau membayar uang pendidikan anak-anak.

Dalam situasi tersebut, ajukan pinjaman menjadi solusi yang bisa diandalkan. Pinjaman KTA merupakan jenis pinjaman terbanyak yang dipilih. Sebab pinjaman ini ditawarkan tanpa perlu mensyaratkan jaminan apapun.

Wajar aja orang-orang cenderung mengambil pinjaman ini ketimbang jenis-jenis pinjaman lainnya. Namun, dalam pengajuannya, ada hal-hal yang luput dari perhatian orang-orang seperti yang diulas dalam bahasan berikut ini, apa aja? Cek yuk!

1. Ada syarat harus memiliki kartu kredit

Mendengar gak ada syarat jaminan apa pun dalam pengajuan pinjaman KTA, pastinya di bayangan kita adalah betapa mudahnya ajukan pinjaman yang satu ini. Faktanya nih ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi buat bisa mendapatkan pinjaman ini.

Syarat-syarat inilah yang luput dari perhatian orang-orang yang keburu memutuskan pilihan ajukan pinjaman KTA. Ujung-ujungnya gak sedikit orang-orang yang urung mengajukan.

2. Bunga KTA gak sama buat beberapa jumlah pinjaman

Emang benar ada yang menawarkan bunga kurang dari 1 persen per bulan. Kalau mengajukannya, kamu benar-benar bisa dapat bunga rendah tersebut.

Namun, ada tapinya nih, bunga tersebut tergantung dari besaran pinjaman kamu. Biasanya semakin besar nilai pinjaman yang kamu ajukan, semakin kecil bunga yang dipatok. Sebaliknya, pinjaman bernilai kecil dikenakan dengan bunga yang cukup besar.

3. Jangka waktu pelunasan atau tenor pinjaman

Besar atau kecilnya keseluruhan cicilan yang harus dibayarkan tergantung pada jangka waktu pelunasan. Makanya harus dipertimbangkan benar-benar nih dalam memilih tenor pinjaman.

Kalau kamu pengin keseluruhan cicilan nilainya kecil, lebih baik pilih tenor pinjaman yang singkat misalnya 1 tahun. Namun, konsekuensi yang kamu hadapi adalah cicilan yang dibayarkan lumayan besar.

Berbeda dengan kamu ambil pinjaman KTA dengan tenor yang panjang. Cicilan kamu nilainya kecil. Namun, keseluruhan cicilan yang dibayarkan nilainya lumayan besar lho.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *