Pengguna Internet Banking ? Hindari 3 Hal Ini !

uang-online
Uang Online

Penggunaan internet banking sekarang ini kian menjadi tren. Soalnya, dengan fasilitas ini kegiatan transaksi lebih mudah dilakukan ketimbang di ATM ataupun mendatangi bank terdekat.

Walaupun begitu, kamu sebagai pengguna juga harus mewaspadai kejahatan-kejahatan siber yang bisa mengintai siapa aja. Saat ini, pencurian identitas itu marak terjadi menimpa orang-orang di dunia maya.

Ini berlaku buat nasabah sebagian besar bank yang udah pakai fasilitas ini lho. Jadi, kamu yang pakai internet banking, wajib memperhatikan hal ini.

1. Hindari memberi informasi pribadi dan yang bersifat rahasia lewat telepon atau email

Apa pun alasannya, jangan pernah memberi informasi pribadi apalagi yang sifatnya rahasia melalui telepon atau email. Sekalipun yang meminta mengatasnamakan dirinya sebagai bank, bukan berarti menjadi alasan buat kamu memberi informasi tersebut.

Perlu kamu tahu, bank sama sekali gak pernah meminta informasi pribadi ataupun informasi rahasia lewat telepon ataupun email terkait dengan layanan internet banking. Selain itu, bank juga gak meminta kamu memberi tahu PIN, kata sandi, hingga nama pengguna.

Biasanya, siapa pun yang meminta informasi tersebut punya tujuan melakukan upaya phising. Begitu informasi yang mereka pengin telah didapat, akun kamu bisa dibobol dan disalahgunakan.

2. Jangan gunakan jaringan Wi-Fi yang keamanannya gak terjamin

Lebih baik gunakan internet banking yang tersambung pada jaringan internet sendiri ketimbang Wi-Fi gratisan. Sebab, kamu gak bisa menjamin keamanan dari jaringan Wi-Fi yang tersedia cuma-cuma tersebut.

Nekat memanfaatkan jaringan Wi-Fi tersebut justru membiarkan dirimu terserang oleh aksi kejahatan siber. Karena itu, ketika mengakses akunmu, selalu pastikan kamu menggunakan jaringan yang berasal dari smartphone kamu atau dari rumah kamu.

3. Hindari bikin PIN internet banking yang sangat mudah ditebak

Pakai tanggal lahir sebagai PIN bikin akun banking kamu rentan jadi target aksi kejahatan. Makanya, jangan sesekali berpikir menjadikan tanggal lahir sebagai PIN akun kamu.

Namun, bukan berarti kamu harus menggunakan kombinasi yang rumit ya sebagai PIN. Kalau rumit banget, nanti malah kamu gak bisa ingat. Ujung-ujungnya kamu mesti bikin PIN baru.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *