4 Hal yang Harus Dijauhi Saat Ajukan Pinjaman Bank

uang-online
Uang Online

Pinjaman bank bisa dibilang gampang, tapi bisa juga dibilang susah juga. Susah-susah gampang lah mengajukannya. Supaya gampang, kamu harus mengetahui nih hal-hal apa aja yang seharusnya dilakukan dan hal-hal mana yang sebaiknya dihindari.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang gak boleh sama sekali dilakukan kalau pengin pengajuan pinjaman bank disetujui. Apa aja hal-hal tersebut? Yuk, disimak.

1. Tidak melakukan pengecekan kolektibilitas kredit di SLIK OJK

Ini salah satu kesalahan yang sering kali dilakukan orang-orang yang mengajukan pinjaman bank. Benar, mereka mengikuti semua prosedur yang diminta. Tetapi, mereka lupa buat mengecek kolektibilitas kredit di Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (SLIK OJK).

Jika kamu mendapatkan skor 1, itu artinya Lancar dan kamu berkesempatan untuk dapat pinjaman. Sementara skor 2 masih meragukan. Untuk skor 3 – 5, bisa dipastikan kamu tidak akan mendapat pinjaman.

2. Tidak melakukan perbandingan pinjaman di bank satu dengan bank yang lainnya

Hal ini juga yang terkadang tidak dilakukan orang-orang yang akan mengajukan pinjaman bank. Karena membandingkan pinjaman antara bank yang satu dengan yang lainnya, gak sedikit orang-orang yang memperoleh pinjaman dengan bunga yang lebih tinggi.

Padahal, mereka bisa meraih bunga pinjaman yang rendah. Gak ribet kok melakukan perbandingan. Kamu hanya perlu membuka situs-situs pembanding produk keuangan dan semua informasi penting seputar pinjaman bisa didapat di situs tersebut.

3. Ajukan pinjaman bank dengan nilai yang gak sebanding dengan penghasilan yang diterima

Jangan asal-asalan dalam memilih besaran pinjaman yang mau diajukan. Di sinilah kesalahan sering terjadi. Tanpa mempertimbangkan besaran penghasilan, mereka mengajukan dengan nilai besar.

Bank mau menyetujui pinjaman asalkan nilai cicilannya per bulan gak lebih dari 30 persen penghasilanmu tiap bulannya. Jadi, maklum aja kalau sampai ditolak mengajukan pinjaman dengan nilai yang besar.

4. Memalsukan data yang diminta bank

Jangan coba-coba deh memalsukan data yang diminta bank. Karena untuk mendapatkan pinjaman dari bank, kamu harus melakukan pelanggaran yang berujung pada sebuah tindak kejahatan.

Bahaya kalau sampai bank mengetahui hal ini. Sebab selain pengajuan ditolak, kamu bisa aja dilaporkan ke polisi karena pemalsuan data ini.

Udah jelas kan sekarang apa aja hal-hal yang sebaiknya dihindari kalau pengin pengajuan pinjamannya lolos? Semoga informasi di atas membantu ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *