3 Tips Kredit Rumah yang Gak Bikin Rekening Tiris!

uang-online
Uang Online

Keputusan ambil kredit rumah emang harus dipertimbangkan masak-masak. Sebab jangka waktu pelunasan alias tenornya itu berlangsung lama lho.

Walaupun sekarang ini banyak developer properti dan bank yang gencar tawarkan promo, bukan berarti keputusan harus diambil dengan buru-buru. Untuk kredit yang satu ini, harus menghindari mengambil keputusan yang kesannya gegabah.

Apalagi kalau kamu pertama kali melakukan pembelian rumah. Pembelian yang kurang teliti bisa merugikan kamu nantinya. Cukup banyak orang yang gagal membayar kredit hingga akhirnya terpaksa rumahnya diberikan pada bank buat disita karena ketidak hati-hatian tersebut.

Nah, biar jangan merasa rugi telah ambil kredit rumah, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan nih

1. Lunasi utang yang ada

Rencana buat kredit rumah bisa saja berakhir sia-sia kalau kamu diketahui masih memiliki utang yang belum terlunasi. Karena itu, kalau masih ada utang yang belum lunas hingga tuntas, buruan deh dibereskan agar skor kredit di Informasi Debitur atau iDeb tetap terjaga.

Karena lancar atau macetnya pembayaran tagihan utang sangat memengaruhi skor kredit. Semakin lancar, semakin bagus skornya. Sementara pembayaran yang macet-macet memunculkan angka skor kredit yang buruk.

2. Kumpulkan uang buat dijadikan dana darurat

Kesiapan kamu mengambil kredit rumah juga dilihat dari ada atau tidaknya dana darurat. Asal tahu aja nih, dana tersebut bisa dipakai buat jaga-jaga kalau sampai terjadi kemungkinan terburuk yang merugikan kamu dari segi finansial.

Kerugian finansial ini bisa merembet hingga bisa bikin kamu kesulitan nantinya dalam membayar cicilannya. Di sinilah dana darurat berperan buat mengantisipasi kemungkinan buruk tersebut.

3. Jangan oke-oke aja dengan besaran cicilan yang disodorkan bank

Karena ingin cepat-cepat memiliki rumah, bukan berarti kamu oke-oke aja pertanda setuju dengan besaran cicilan yang disodorkan bank. Emang benar, bank memberi nilai cicilan yang besarannya 30 persen dari gajimu.

Namun, cicilan sebesar itu sebaiknya ditimbang baik-baik walaupun kemampuan finansialmu bisa-bisa aja bayar cicilan tersebut. Asal tahu aja nih, cicilan kredit rumah kamu bayar sekarang suatu saat bisa naik lho besarannya apalagi kalau sampai suku bunga BI naik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *